PLN Nusantara Power Dominasi Kompetisi Inovasi LIKE 2024


Jakarta, OG Indonesia --
PLN Nusantara Power (PLN NP) kembali membuktikan keunggulannya di bidang inovasi ketenagalistrikan dengan menyabet tujuh gelar juara dalam penghargaan  inovasi nasional LIKE PLN 2024 pada Kamis (24/10/2024) di Jakarta. Prestasi ini mengukuhkan posisi PLN NP sebagai pemimpin inovasi, khususnya di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), di mana PLN NP menyapu bersih gelar juara.

PLN NP berhasil meraih gelar juara di berbagai kategori, termasuk kategori Incremental untuk bidang EBT, Aplikasi, dan Pembangkitan. Inovasi-inovasi unggulan yang ditampilkan mencerminkan komitmen PLN NP untuk terus menghadirkan solusi berkelanjutan dan efisiensi energi.

Pada kategori Incremental EBT, PLN NP meraih juara pertama melalui inovasi “Peningkatan Green kWh PLTA Bakaru Berbasis TMC Autonomous Drone” yang dilaukan oleh PLN NP Unit Pembangkitan (UP) Bakaru. Juara keduanya diraih oleh PLN NP UP Minahasa melalui inovasi “Optimasi Umur Baterai pada PLTS Hybrid Menggunakan Metode Machine Learning”. Adapun juara ketiganya juga diraih PLN NP melalui UP Brantas dengan karya inovasi “Sedimen Load Control (SLC) untuk Peningkatan Green Energy PLTA Siman”.

Posisi puncak dalam kategori  Incremental Bidang Aplikasi dibukukan PLN NP melalui UP Brantas dengan inovasi "Hydrobot: Asisten Virtual untuk Optimasi Operasi PLTA". Sedangkan pada kategori  Incremental Bidang Pembangkitan, PLN NP menduduki peringkat kedua melalui  PLN NP UP Tanjung Awar-Awar dengan inovasi "Modis Blaket untuk Kehandalan Turbine".

PLN NP juga mengantongi dua gelar juara ketiga pada kategori  Inovasi Strategis  dan kategori  Incremental  Bidang Proses Bisnis Management. Pada kategori Strategis diraih melalui PLN NP Kantor Pusat dengan inovasi "CAPABLE: Carbon Emission Trading". Gelar juara ketiga lainnya diperoleh melalui  PLN NP UP Rembang dengan inovasi "Geha Apung: Metode Anti Gagal Budidaya Mangrove".

Selain meraih tujuh gelar juara, PLN NP juga dianugerahi penghargaan Best Costume melalui Unit Pembangkitan (UP) Kendari dan UP Pulang Pisau.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Prestasi ini menunjukkan betapa pentingnya inovasi bagi PLN NP dalam mendorong transformasi menuju energi berkelanjutan. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan solusi inovatif yang mendukung transisi energi hijau di Indonesia,” ujarnya.

Seleksi penghargaan karya inovasi  di lingkungan PLN Group  tahun 2024 merupakan tahun penyelenggaraan ke 27. Dalam penghargaan inovasi yang diselenggarakan pada ranfkaian acara LIKE PLN tersebut, PLN NP tercatat selama delapan tahun berturut-turut  hingga 2024 menjadi peraih terbanyak penghargaan.

Ajang LIKE (Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition) PLN 2024 merupakan platform tahunan yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) untuk mendorong inovasi dan kreativitas pegawai di berbagai bidang, seperti EBT, Pembangkitan, Proses Bisnis, dan Aplikasi. Tahun ini, sebanyak 363 inovasi dari berbagai unit di seluruh Indonesia bersaing dalam delapan kategori berbeda, dengan PLN NP keluar sebagai salah satu bintang utama dalam kompetisi tersebut.

Dengan raihan prestasi ini, PLN Nusantara Power terus berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam inovasi dan keberlanjutan di sektor ketenagalistrikan, sejalan dengan tagline perusahaan untuk “Go Beyond Power: Energizing the Future.” RH

PLN Nusantara Power Dominasi Kompetisi Inovasi LIKE 2024 PLN Nusantara Power Dominasi Kompetisi Inovasi LIKE 2024 Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Oktober 25, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.