Pertama di Indonesia, UPER dan PNRE Gelar Kompetisi Esport Berbasis Energi Terbarukan


Jakarta, OG Indonesia -- 
Dalam rangka mendukung upaya transisi energi dan pengembangan inovasi berbasis energi terbarukan, Universitas Pertamina (UPER) bersama dengan Pertamina New Renewable Energy (PNRE) menggelar kompetisi Esport berbasis energi terbarukan yang pertama kalinya diadakan di Indonesia.

"Ini kompetisi Esport pertama di Indonesia yang memanfaatkan energi baru terbarukan, jadi listrik yang digunakan untuk kegiatan final ini dihasilkan dari panel tenaga surya yang ada di gedung kuliah Universitas Pertamina," ucap Roby Hervindo, Sekretaris Universitas Pertamina dalam acara grand final kompetisi Esport di Kampus Universitas Pertamina, Simprug, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Selain kompetesi Esport dalam kesempatan yang sama juga diadakan kompetisi cosplay yang diikuti oleh 35 peserta. Diterangkan Roby, UPER dan PNRE mengadakan kegiatan ini demi mendukung olahraga Esport sekaligus mengingkatkan pemahaman publik terutama generasi muda terkait upaya-upaya yang telah dilakukan bersama untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

Roby menerangkan kompetisi ini diikuti oleh 117 tim pelajar dan 42 tim mahasiswa dari seluruh Indonesia, dengan total peserta mencapai 795 peserta. Dalam acara grand final Esport untuk kategori pelajar mempertemukan tim Anak Buah Kieey (ABK) dari SMKN 43 Jakarta dan tim Woods25 dari SMA 3 Purwakarta. Sementara untuk kategori mahasiswa mempertemukan tim BTK Esports dari Universitas Bojonegoro dan Unigoro Esport yang merupakan tim gabungan dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Bosowa.

Dalam babak final kompetisi Esport yang memainkan game Mobile Legends, tim ABK berhasil meraih juara pertama untuk kategori pelajar dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp5.500.000 serta beasiswa berupa potongan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) untuk kuliah di Universitas Pertamina. Sementara itu, kategori mahasiswa berhasil disabet oleh Tim BTK Esports dengan mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp5.500.000.

"Kami berharap kegiatan hari ini bisa dipandang sebagai suatu kegiatan yang positif. Harapannya ke depan kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu serta kami ingin lebih kencang lagi untuk mempromosikan energi baru terbarukan dan transisi energi," pungkas Roby. RH

Pertama di Indonesia, UPER dan PNRE Gelar Kompetisi Esport Berbasis Energi Terbarukan Pertama di Indonesia, UPER dan PNRE Gelar Kompetisi Esport Berbasis Energi Terbarukan Reviewed by Ridwan Harahap on Minggu, Oktober 06, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.