Mengupas Transisi Energi Asia Tenggara di Ajang SIEW 2024

Director and Chief Executive Officer MedcoEnergi Roberto Lorato (ketiga dari kanan) menjadi pembicara pada diskusi panel dengan tajuk ”Forging a Resilient Renewable Energy Ecosystem” di Singapore International Energy Week 2024.

Singapura, OG Indonesia --
Singapore International Energy Week (SIEW) 2024 kembali menjadi ajang bergengsi yang mempertemukan pemimpin energi, pembuat kebijakan, dan pelaku industri global untuk bertukar ide dan solusi dalam menghadapi tantangan energi masa depan. Acara ini dikenal sebagai platform utama bagi diskusi seputar keberlanjutan dan ketahanan energi, serta menawarkan berbagai konferensi, pameran, dan sesi jejaring yang memperkuat kolaborasi lintas sektor. 

Salah satu sesi penting dalam SIEW tahun ini adalah diskusi panel yang menyoroti urgensi pengembangan potensi energi terbarukan di Asia Tenggara, dengan tajuk ”Forging a Resilient Renewable Energy Ecosystem”. 

Diskusi yang diselenggarakan pada Selasa, 22 Oktober ini menghadirkan sejumlah pembicara terkemuka, yaitu Director and Chief Executive Officer MedcoEnergi Roberto Lorato; Group Chief Executive Officer Sarawak Energy Datuk Sharbini Suhaili; Managing Director, Head of Project Finance, Institutional Banking Group DBS Bank Ganesh Padmanabhan; Partner, Head of Infrastructure, Asia Pacific and Head of KPMG ESG, KPMG di Singapura Sharad Somani, dan President – Engineering, Asia, Gas Power, GE Vernova Som Shantanu. 

Dalam kesempatan tersebut, Roberto menegaskan bahwa selama delapan tahun terakhir, MedcoEnergi telah mengukuhkan komitmennya untuk mendukung transisi energi dengan memperluas produksi gas, yang saat ini sebesar 70% dari total produksi minyak dan gas.

”MedcoEnergi telah memperluas investasi yang strategis pada energi terbarukan, yaitu pembangkit listrik tenaga surya dan panas bumi, serta tembaga yang mendukung elektrifikasi,” kata Roberto dalam diskusi tersebut.

Lebih jauh, Roberto mengungkapkan bahwa perusahaan ini juga tengah mengeksplorasi potensi penyimpanan CO2 di reservoir yang dioperasikan di lepas pantai antara Singapura dan Malaysia. Menurutnya, transisi energi adalah tantangan kompleks yang memerlukan kerja sama erat antara negara-negara di kawasan. Kolaborasi yang kuat antara Indonesia dan Singapura, merupakan hasil dari pendekatan pragmatis yang agresif dengan menekankan pemahaman akan kebutuhan masing-masing negara. 

MedcoEnergi bersama dengan banyak perusahaan energi terkemuka di Asia Tenggara terus menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi pada transisi energi. SIEW menjadi sebuah wadah penting bagi perusahaan-perusahaan tersebut untuk saling bertukar pengalaman dan ide agar transisi energi dapat berjalan baik untuk masa depan kawasan ini. RH

Mengupas Transisi Energi Asia Tenggara di Ajang SIEW 2024 Mengupas Transisi Energi Asia Tenggara di Ajang SIEW 2024 Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Oktober 24, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.