Forum Sharing CIP Elnusa 2024 Dorong Inovasi dan Keunggulan untuk Bisnis Berkelanjutan


Jakarta, OG Indonesia --
PT Elnusa Tbk (Elnusa), sukses menyelenggarakan Forum Sharing Continuous Improvement Program (CIP) Elnusa Group 2024 pada 21 hingga 24 Oktober 2024. Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang mempertemukan ide dan inovasi dari berbagai tim di Elnusa Group sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan keunggulan operasional.

Dengan mengusung tema "Driving Innovation, Delivering Excellence for Sustainable Business," Forum Sharing CIP tahun ini menekankan pentingnya inovasi berkelanjutan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga untuk menciptakan solusi baru yang relevan dengan dinamika industri.

Direktur SDM & Umum Elnusa, Hera Handayani menyampaikan bahwa inovasi adalah fondasi utama bagi Elnusa untuk mempertahankan daya saing dan mencapai keunggulan berkelanjutan. 

"Forum CIP ini memberikan ruang bagi Perwira Mutu Elnusa untuk berbagi dan mengembangkan ide-ide inovatif yang memberikan dampak nyata bagi perusahaan dan industri. Kami berharap, melalui forum ini, Elnusa semakin siap untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional,” ujar Hera.

Dari 318 tim CIP yang terdaftar, sebanyak 105 tim berhasil lolos seleksi dan tampil di forum tahun ini. Tim tersebut terbagi ke dalam beberapa kategori, 51 tim PC Prove, 33 tim FT Prove, 9 tim I Prove, dan 12 tim RT Prove. Sementara itu, 213 tim lainnya berpartisipasi sebagai non-forum peserta, tetap berkontribusi dengan berbagai ide dan inovasi yang relevan bagi pengembangan bisnis Elnusa Group.

Berdasarkan hasil penjurian pada Forum Sharing CIP Elnusa Grup 2024, total value creation real yang telah dihasilkan di tahun berjalan (Januari-Sept 2024) senilai Rp 280 miliar, dengan rincian Revenue growth senilai Rp 117,2 miliar, Cost saving senilai Rp 72,7 miliar, dan Cost avoidance senilai Rp 90,1 miliar.

Sebagai bentuk apresiasi, Elnusa memberikan penghargaan kepada tim-tim dengan inovasi terbaik melalui Awarding Ceremony pada 24 Oktober. Tim-tim yang meraih prestasi tertinggi akan mendapatkan golden ticket untuk berkompetisi di ajang Upstream Improvement Innovation Award (UIIA) 2024 yang diselenggarakan oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Selain itu, beberapa tim unggulan juga dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam Annual Pertamina Quality Award (APQA) di tingkat nasional.

Forum Sharing CIP Elnusa Group 2024 ini merupakan salah satu bentuk implementasi Key Performance Indicators (KPI) dalam program Quality Management (QM) dari Subholding Upstream Pertamina. Elnusa berkomitmen untuk terus melahirkan inovasi dan meningkatkan kualitas layanan demi keberlanjutan bisnis.

Melalui kegiatan ini, Elnusa berharap bahwa gagasan-gagasan yang dihasilkan tidak hanya berdampak positif pada operasional internal, tetapi juga dapat diimplementasikan secara luas di seluruh anak perusahaan dan unit bisnis Pertamina Group. Inovasi yang dihasilkan dari CIP ini menjadi kunci bagi Elnusa dalam menghadapi tantangan bisnis dan memastikan keberlanjutan perusahaan di masa depan. RH

Forum Sharing CIP Elnusa 2024 Dorong Inovasi dan Keunggulan untuk Bisnis Berkelanjutan Forum Sharing CIP  Elnusa 2024 Dorong Inovasi dan Keunggulan untuk Bisnis Berkelanjutan Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Oktober 25, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.