Ada Kontribusi Rig PDSI dalam Temuan Gas dan Kondensat di Morowali Utara


Direktur Utama PT Pertamina Drilling Services Indonesia, Avep Disasmita di sumur Tedong (TDG)-001 yang berada di Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Morowali Utara, OG Indonesia -- PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), afiliasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina kembali berhasil mendukung PHE dalam mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Melalui keandalan RIG PDSI #32.2/N80UE dengan kekuatan 1.000 HP dan kru yang bertugas, Pertamina Drilling berhasil melakukan pengeboran di sumur Tedong (TDG)-001 mencapai kedalaman 142 feet dengan tajak pertama pada 29 Juli 2024 lalu. Sumur Tedong dimiliki oleh PT Pertamina EP Cepu yang berada di Region IV Zona 13 dan menemukan potensi sumber daya migas baru berupa gas dan kondensat di Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah dengan catatan Tanpa Kecelakaan (No Accident).  

"Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih atas kinerja kru RIG PDSI #32.2/N80UE yang telah berhasil melakukan pengeboran di sumur Tedong (TDG)-001 dengan catatan Tanpa Kecelakaan (No Accident) serta 3.060.558 jam kerja aman," kata Avep Disasmita, Direktur Utama Pertamina Drilling, Selasa (8/10/2024).

Diterangkan olehnya, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya Pertamina Drilling selalu menekankan budaya keselamatan dalam bekerja, baik di lapangan maupun kantor dengan menerapkan HSSE Golden Rules, CLSR Pertamina, serta program khas Pertamina Drilling, Salam Lima Jari dan Stop Work Authority (SWA), mulai dari level bawah hingga manajemen.

“Ini sebagai bentuk nyata komitmen kami mendukung target produksi minyak bumi nasional sebesar 1 juta barel dan produksi gas bumi sebesar 12 billion cubic feet (BCF), kita berharap pengeboran sumur TDG-001 ini mendapatkan hasil terbaik. Kami meminta seluruh pekerja dan mitra kerja yang terlibat menempatkan keselamatan kerja sebagai yang utama sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku," tegas Avep.

Sumur TDG-001 merupakan sumur ke-4 dari lima sumur yang direncanakan dalam Drilling Campaign hingga 2025. Dalam kampanye tersebut, eksplorasi dilakukan di lima titik sumur yakni East Wolai (EWO)-001, West Wolai (WWO)-001, Julang Emas (JLE) dan Yaki Emas di Kabupaten Banggai, serta Tedong (TDG)-001 di Kabupaten Morowali Utara. Pengeboran TDG-001 ini dilakukan di lapisan Carbonate Minahaki dengan target gas dan Carbonate Tomori dengan target gas dan minyak. RH

Ada Kontribusi Rig PDSI dalam Temuan Gas dan Kondensat di Morowali Utara Ada Kontribusi Rig PDSI dalam Temuan Gas dan Kondensat di Morowali Utara Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Oktober 08, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.