Kepala BP2MI: Perlu Dana Abadi untuk Tingkatkan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia


Jakarta, OG Indonesia --
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyebutkan perlu ada dana abadi untuk pekerja migran Indonesia (PMI) dalam  meningkatkan pelindungan terhadap PMI dan keluarganya. 
Demikian disampaikan Kepala BP2MI dalam pelepasan penempatan 201 Pekerja Migran Indonesia ke Korea Selatan dan Jerman, di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (23/9/2024).

Benny menyampaikan, perlunya pemerintah mendukung peningkatan pelindungan dan kesejahteraan pekerja migran serta keluarganya mengingat peran mereka dalam menyumbang devisa untuk negara. "Saya usulkan dana abadi ini Rp 3 triliun kepada pemerintah," kata Benny,

Ia menyebutkan,  angka itu hanya sedikit bagian dari devisa  disumbangkan oleh Pekerja Migran Indonesia. Dia memberikan contoh bagaimana di negara tetangga Filipina terdapat dana khusus untuk pekerja migran yang berada di negara penempatan. Dana tersebut, menurut dia, dapat dialokasikan untuk pelindungan para pekerja Indonesia yang ada di berbagai negara.

Benny mengharapkan dana tersebut dapat digunakan untuk membantu para PMI mendapatkan pelindungan yang lebih baik, termasuk membantu mereka ketika mengalami sakit atau musibah di negara penempatan.

"Dengan demikian, tidak ada lagi korban yang dibebani biaya untuk kepulangan yang sakit atau yang meninggal, yang musibah dibebankan kepada keluarganya atau kepada PMI dengan cara mengumpulkan donasi," tuturnya.

Selain itu, dana tersebut dapat digunakan untuk memastikan kesejahteraan keluarga PMI yang masih berada di tanah air, termasuk untuk menjamin pendidikan dan kesehatan bagi keluarga masing-masing.

Benny berharap, dana tersebut dapat digunakan untuk membantu PMI mengembangkan usahanya ketika sudah kembali ke Indonesia. Dana itu dapat dikelola oleh masing-masing kementerian/lembaga terkait, seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Kementerian Kesehatan. 

Kepala BP2MI: Perlu Dana Abadi untuk Tingkatkan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kepala BP2MI: Perlu Dana Abadi untuk Tingkatkan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, September 23, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.