Begini Cara PHR Regional Sumatera Zona 4 Jaga Keberlanjutan melalui Praktik Bisnis Bertanggung Jawab


Jakarta, OG Indonesia --
Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina terus berkomitmen menjaga praktik bisnis dengan menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta mengutamakan aspek keselamatan dalam memastikan semua kegiatan berjalan efisien, juga bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. 

Dalam setiap langkah operasionalnya, PHR Regional Sumatera Zona 4 mengintegrasikan praktik ramah lingkungan, mulai dari pengelolaan limbah hingga penggunaan teknologi yang efisien. Perusahaan memastikan bahwa dampak lingkungan dari setiap kegiatan diminimalisir. Upaya ini termasuk program penghijauan melalui penanaman pohon dan konservasi Sumber Daya Alam (SDA) yakni Konservasi Gajah yang melibatkan masyarakat lokal.

PHR Regional Sumatera Zona 4 telah melakukan program penanaman pohon dji lokasi wilayah kerjanya dengan jumlah pohon lebih dari 2.000 pohon. Sedangkan, program konservasi keanekaragaman hayati di Kawasan Suaka Margasatwa Isau-Isau, Lahat, Sumatera Selatan, telah berkontribusi terhadap pelestarian jenis flora seperti rafflesia dan anggrek serta fauna seperti gajah sumatera, macan dahan dan rangkong badak.

PHR Regional Zona 4 memahami bahwa keberhasilan bisnis tidak terlepas dari dukungan komunitas, dengan melibatkan masyarakat dalam program pengembangan sosial, seperti pelatihan keterampilan dan peningkatan infrastruktur, perusahaan berusaha membangun hubungan harmonis dengan penduduk setempat. Komitmen ini tercermin dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR yang berfokus pada pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi. 

Aspek Governance menjadi pilar penting dalam proses bisnis PHR Regional Sumatera Zona 4. Dengan menerapkan kebijakan Zero Tolerance on Bribery, perusahaan berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara etis. Dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandarisasi ISO 37001:2016.

PHR Regional Sumatera Zona 4 menunjukkan prestasinya yang mengesankan dengan meraih penghargaan di ajang Indonesian Diversity, Equity, Inclusion (DEI) and Environmental, Social & Governance (ESG) Awards (IDEAS) 2024. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya perusahaan dalam mengukur dan menerapkan program serta praktik terbaik terkait komunikasi DEI dan ESG. Dengan pencapaian ini, PHR Regional Sumatera Zona 4 semakin menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan bertanggung jawab secara sosial serta lingkungan, sejalan dengan prinsip keberlanjutan yang diusung dalam seluruh operasionalnya.

General Manager Zona 4, Djudjuwanto, mengatakan akan terus mensinergikan kegiatan operasi dengan aspek ESG. Di lingkungan PHR Regional Sumatera Zona 4, setiap individu di perusahaan harus memahami bahwa komitmen terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik adalah tanggung jawab bersama. Ia akan menegakkan standar tinggi ini untuk memastikan bahwa semua kegiatan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. 

“Kami percaya bahwa keberhasilan tidak hanya diukur dari pencapaian finansial, tetapi juga dari dampak positif yang kami berikan kepada lingkungan dan masyarakat. Penghargaan terhadap prinsip ESG adalah komitmen kami untuk terus menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab. Kami akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan komunitas untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing di industri migas," terang Djudjuwanto.

Selain fokus pada ESG, PHR Regional Sumatera Zona 4 menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap aktivitas operasional. Melalui penerapan prosedur keselamatan yang ketat, perusahaan memastikan bahwa karyawan dan mitra kerja dilindungi dari risiko kerja. Prinsip dan mengedepankan nilai-nilai Perusahaan, menjadi kewajiban untuk ditaati nilai-nilai AKHLAK, Corporate Life Saving Rules (CLSR), HSSE 3 Golden Rules dan Zero Accident Kita Bisa. 

PHR Regional Sumatera Zona 4 mengelola 7 Wilayah Kerja (WK) kegiatan hulu Migas di Provinsi Sumatera Selatan, yang terdiri dari Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field, (PEP) Limau Field, (PEP) Adera Field, (PEP) Pendopo Field, (PEP) Ramba Field, Pertamina Hulu Energi (PHE) Ogan Komering-Raja Tempirai (OK-RT). Angka produksi migas year to date (ytd) PHR Regional Sumatera Zona 4 mencapai 25.831 barel minyak per hari (BOPD) untuk minyak dan 574.69 juta standar kaki kubik per hari/MMSCFD untuk gas. Pencapaian produksi migas Zona 4 ini mendukung pencapaian produksi migas PHR Regional 1 Sumatera yang memenuhi sepertiga kebutuhan migas nasional.

PHR Regional Sumatera terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia dengan predikat Environmental Friendly, Social Responsible dan Good Corporate Governance. RH

Begini Cara PHR Regional Sumatera Zona 4 Jaga Keberlanjutan melalui Praktik Bisnis Bertanggung Jawab Begini Cara PHR Regional Sumatera Zona 4 Jaga Keberlanjutan melalui Praktik Bisnis Bertanggung Jawab Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, September 27, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.