Sukowati Field Produksi Minyak 4.642 BOPD dan Gas Tembus 7,14 MMSCFD


Foto: Ridwan Harahap 

Tuban, OG Indonesia --
 Produksi minyak Sukowati Field yang dikelola Pertamina EP (PEP) Sukowati Field dan termasuk Subholding Upstream Pertamina Zona 4 Regional 11 saat ini mencapai 4.642 BOPD (barel minyak per hari). Jumlah tersebut sekitar 95% dari target yang ditetapkan dalam WP&B 2024.

Sementara untuk produksi gas mencapai 7,14 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) atau setara 102% dari target yang dipasang dalam WP&B 2024. 

"Gasnya kami 7 MM (MMSCFD), tapi mostly untuk own use, kami gunakan untuk pembangkitan (listrik) sendiri. Sebagian dijual untuk gas rumah, dijadikan untuk LNG, LPG, dan CNG," kata Arif Rahman Hakim, Field Manager Sukowati Field saat kunjungan media SKK Migas ke kantor PEP Sukowati Field di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (15/8/2024).

Sukowati Field yang tergolong lapangan migas tua memiliki 37 sumur. Sebanyak 19 sumur saat ini masih berproduksi dengan rincian 14 sumur masih berproduksi secara alamiah dan lima sumur ESP yang saat ini produksinya sudah mulai menggunakan bantuan pompa. 

Di Sukowati Field juga terdapat empat sumur injeksi untuk menginjeksikan air yang terproduksi. "Jadi untuk menghasilkan 4.600 BOPD, kami harus memproduksikan sekitar 60.000 barel water. Jadi banyak banget air yang kami produksikan tetapi semuanya kami injeksikan di empat sumur ini," terang Arif.

Adapun untuk cadangan minyak dari Sukowati Field masih terdapat sekitar 13 MMSTB (juta barel minyak stok tangki). "Kalau kita hitung secara produksi maka masih ada sekitar 8 tahun. Sebetulnya tidak terlalu lama, tetapi kalau ada temuan-temuan baru Insyaallah cadangan ini masih akan bisa bangkit lagi," pungkasnya. RH


Sukowati Field Produksi Minyak 4.642 BOPD dan Gas Tembus 7,14 MMSCFD Sukowati Field Produksi Minyak 4.642 BOPD dan Gas Tembus 7,14 MMSCFD Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Agustus 15, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.