Konsisten Dorong Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Grup PT Pertamina Hulu Indonesia Raih NAKER AWARD 2024


Jakarta, OG Indonesia --
PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, melalui anak perusahaan dan afiliasinya, berhasil meraih penghargaan NAKER AWARD 2024 dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Jiexpo Kemayoran Hall-C, Jakarta, pada Jumat lalu (23/8/2024), yang dihadiri langsung oleh Wapres RI Ma’ruf Amin, Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah berserta jajaran, sejumlah gubernur, perusahaan, dan perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dari berbagai daerah.

Entitas perusahaan di Grup PHI yang memperoleh penghargaan, yaitu PT Pertamina EP (PEP) Tanjung Field dengan Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award), serta PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) yang menerima penghargaan kategori platinum pada Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja. Penghargaan diterima oleh Senior Manager Production & Project Zona 9 Ade Diar Suhendar, Manager Health Regional 3 dr Bambang Darmawan, dan Assistant Manager Health Zona 8 dr Rani Herespatiagni.

NAKER AWARD 2024 merupakan bentuk apresiasi dan motivasi pemerintah kepada perusahaan maupun Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD) terkait kinerja pengelolaan ketenagakerjaan, termasuk kesehatan dan keselamatan kerja. Tahun ini, ajang tersebut mengusung tema “Akselerasi Transformasi Ketenagakerjaan Untuk Indonesia Emas 2024: Kompetensi, Kemandirian, dan Berdaya Saing”. 

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PHI Sunaryanto menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah atas kinerja perusahaan dalam pengelolaan ketenagakerjaan. Sunaryanto pun menambahkan bahwa pencapaian ini merupakan buah kolaborasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perusahaan mitra kerja dalam meningkatkan kinerja dan budaya selamat di lingkungan Perusahaan. “Kolaborasi dan sinergi ini turut mendukung peningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait keselamatan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari upaya membangun lingkungan yang selamat,” imbuhnya.

Menurut Sunaryanto, perusahaan meyakini bahwa kinerja keselamatan yang unggul akan mendukung keberhasilan dan keberlanjutan operasi dan bisnis migas Perusahaan. “Penerapan praktik-praktik terbaik di bidang keselamatan dipercaya dapat mendukung langkah perusahaan untuk mempertahankan tingkat produksi lapangan-lapangan migas onshore dan offshore di wilayah Kalimantan,” lanjutnya. 

Sunaryanto, yang akrab disapa Anto, mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan dan pihak yang berkontribusi terhadap pencapaian ini. 

Selain penghargaan untuk PHM, PHKT, dan PEP Tanjung Field di atas, dalam upaya membangun budaya selamat, PHI serta anak perusahaan dan afiliasnya lainnya memiliki program, antara lain Pelatihan Lifeguard kepada para perwakilan pengelola pantai yang tergabung dalam Forum Pengelola Pantai Pangempang Muara Badak yang digelar oleh PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS). Sementara PEP Tarakan Field menggelar latihan simulasi penanggulangan keadaan darurat berupa kebakaran, tumpahan minyak, hingga aksi demo masyarakat di area Tarakan Field. 

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas di Regional 3 Kalimantan sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia. Melalui anak perusahaan dan afiliasinya yang bekerja sama dengan SKK Migas, PHI menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana. RH

Konsisten Dorong Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Grup PT Pertamina Hulu Indonesia Raih NAKER AWARD 2024 Konsisten Dorong Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Grup PT Pertamina Hulu Indonesia Raih NAKER AWARD 2024 Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Agustus 31, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.