Jangan Ubah Desain Awal IKN sebagai Smart dan Green City


Jakarta, OG Indonesia --
Pada saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunda berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024, salah satu yang ditanyakan oleh Jokowi adalah kesiapan instalasi listrik. Saat itu, instalasi listrik tenaga surya memang sudah terpasang, tetapi masih membutuhkan waktu untuk dapat menerangi seluruh wilayah IKN. 

"Agar Jokowi dapat segera berkantor di IKN, Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus ngebut menginstal instalasi listrik di kawasan Istana Negara sehingga Presiden Jokowi akhirnya dapat berkantor di IKN selama tiga hari setiap minggu," ucap Fahmy Radhi, Pengamat Ekonomi Energi UGM dalam keterangannya, Rabu (14/8/2024).

Dia mengatakan, sebagai Smart City dan Green City, pembangunan IKN sejak awal didesain untuk ramah terhadap lingkungan dengan meminimalkan produksi karbon untuk mencapai net zero emission (NZE). Sementara syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai NZE menurut Fahmy adalah 100% pembangkit listrik menggunakan energi baru terbarukan (EBT), 0% karbon dari kendaraan bermotor dengan BBM fosil, dan 0% pencemaran lingkungan dari asap pabrik.

"Untuk mencapai 100% pembangkit EBT, PLN membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang tersebar dengan kapasitas sebesar 50 megawatt (MW) dan tambahan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Untuk mendukung operasional kendaraan listrik, PLN membangun ekosistem smart electric vehicle untuk mewujudkan sarana transportasi ramah lingkungan, yang menjangkau seluruh wilayah IKN," paparnya.

"PLN juga membangun PLN Hub yang akan menjadi episentrum ekosistem transisi energi dan digitalisasi pertama sekaligus terbesar di Indonesia. Dalam mendukung hal tersebut, PLN melalui subholding PLN Icon Plus siap mengembangkan jaringan listrik dan telekomunikasi di kawasan IKN," tambahnya.

Selama IKN dikembangkan sesuai dengan desain awal sebagai pusat pemerintahan, bukan sebagai kawasan industri, Fahmy menilai IKN sebagai Smart City dan Green City akan dapat diwujudkan. Namun, kalau desain bergeser selain pusat pemerintahan, juga sebagai kawasan industri dengan mengundang sebanyak-banyaknya investor asing, Smart City dan Green City mustahil diwujudkan. 

"Alasannya, untuk meminimalkan production cost, pabrik akan tetap menghasilkan asap yang mencemari lingkungan, membangun pembangkit listrik sendiri yang menggunakan energi batu bara, dan menggunakan kendaraan BBM fosil. Pada saat itulah, IKN sebagai Smart City dan Green City hanya tinggal impian belaka dan NZE tidak akan pernah tercapai di IKN," tutupnya. RH

Jangan Ubah Desain Awal IKN sebagai Smart dan Green City Jangan Ubah Desain Awal IKN sebagai Smart dan Green City Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Agustus 14, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.