Sumur Minyak Terbakar di Aceh Timur, BPMA Cari Solusi untuk Pertambangan Migas Rakyat


Banda Aceh, OG Indonesia --
 Kepala Divisi Formalitas, Hubungan Eksternal dan Sekuriti KKKS Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Radhi Darmansyah menyebutkan BPMA konsisten dalam mendukung pemerintah mencari solusi yang efektif terkait tambang migas rakyat khususnya untuk aspek lingkungan dan keselamatan. 

“Untuk saat ini dilaporkan terdapat 15 sumur masyarakat di sekitar wilayah yang terbakar di Gampong Alue Canang, Kecamatan Birem Bayeum, Kabupaten Aceh Timur. Sejumlah sumur tersebut berada di Wilayah Open Area yang belum memiliki Kontrak Kerja Sama (KKS),” jelas Radhi, Selasa (4/6/2024).

Untuk diketahui, tugas dan wewenang BPMA hanya terbatas pada wilayah-wilayah yang sudah memiliki Kontrak Kerja Sama (KKS) dengan BPMA. BPMA mengawasi 7 Wilayah Kerja di daratan Aceh dan laut Aceh hingga batas 12 mil. 

Terkait kejadian sumur minyak tradisional yang kembali meledak di Desa Alue Canang, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur pada Jumat (31/5/2024) lalu, Radhi menyebutkan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang memantau dan mengawasi lokasi tersebut.

“BPMA juga sudah meminta Medco E&P Malaka selaku KKKS terdekat untuk melakukan observasi ke lokasi dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan,” sebut Radhi. 

Dari informasi tersebut diketahui bahwa letak sumur-sumur masyarakat yang terbakar 15 meter di luar batas Wilayah Kerja Block A, Medco E&P Malaka. Wilayah tersebut di luar wilayah kewenangan BPMA sehingga BPMA tidak memiliki kewenangan terhadap wilayah tersebut. BPMA sendiri terus berusaha untuk memberikan masukan dan mencarikan solusi kepada Pemerintah agar kejadian ini tidak berulang dan dapat memberikan manfaat terbaik untuk negara dan masyarakat.

“Saat ini sumur-sumur tersebut masih memiliki tekanan, namun tidak dapat diketahui dengan pasti seberapa besar tekanannya karena tidak terdapat pressure gauge pada sumur tersebut. Luas lokasi dari penambangan masyarakat tersebut kurang lebih sekitar 1 hektar. Alhamdulillah, api sudah padam dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian kebakaran tersebut,” papar Radhi.

Terkait peristiwa ini, Radhi mengimbau agar kegiatan Penambangan minyak dan gas harus memperhatikan aspek keselamatan dan aspek lingkungan hidup. Dua aspek ini yang harus dicarikan jalan keluarnya sehingga tidak terjadi lagi kecelakaan dan kebakaran. BPMA dalam beberapa tahun ini aktif untuk terus mencari solusi yang win-win atas penambangan migas rakyat tersebut. 

Disebutkan harus ada solusi secara legal/perundangan yang dapat memayungi aktivitas masyarakat tersebut namun dengan pengawasan yang ketat terhadap aspek keselamatan dan aspek lingkungan.

“Salah satu solusi terobosan yang dilakukan oleh BPMA adalah di Kontrak Kerja Sama Bireun Sigli. BPMA dan KKKS dalam kontrak tersebut sepakat untuk mengakomodir peran serta masyarakat dalam kegiatan eksploitasi dalam bentuk kerja sama melalui Koperasi/BUMD,” ujar Radhi.

Namun diperlukan payung hukum selanjutnya agar klusul dalam Kontrak Kerja Sama tersebut dapat berjalan. Dengan begitu BPMA beserta KKKS dapat langsung membina dan mengawasi kegiatan masyarakat sehingga aspek keselamatan dan aspek lindung lingkungan dapat terjaga. RH

Sumur Minyak Terbakar di Aceh Timur, BPMA Cari Solusi untuk Pertambangan Migas Rakyat Sumur Minyak Terbakar di Aceh Timur, BPMA Cari Solusi untuk Pertambangan Migas Rakyat Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Juni 10, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.