Inovasi Rebah-Tegak Rig Pertamina Drilling Raih Platinum di APQ Award 2024


Jakarta, OG Indonesia --
PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling) raih predikat Platinum dalam ajang Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2024, melalui Project Collaboration Improvement (PC Prove) Ultimate yang mengusung "Optimalisasi monitoring Alignment Proses Rebah-Tegak Substructure Slingshot di Rig PDSI #39.3/D1500 E", Kamis (6/6/2024).

APQ Awards merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2010. Di penyelenggaraan ke-14 tahun ini mengusung tema “Innovate Endlessly for Excellent Sustainability”. Selain PC-Proof Ultimate, Pertamina Drilling juga mengirimkan PC-Proof RPPS, PC-Proof Impact dan Functional Team Improvement (FT Prove) TD Ranger 2 yang mendapatkan penghargaan kategori Gold serta FT Proof THOR mendapatkan kategori Silver.

Direktur Utama Pertamina Drilling, Avep Disasmita menyampaikan, “Alhamdulillah Pertamina Drilling meraih penghargaan Platinum di APQ Award oleh PC-Proof Ultimate, selain itu kita juga meraih tiga penghargaan ketegori Gold melalui PC-Proof RPPS, PC-Proof Impact dan FT Prove TD Ranger 2 serta FT Proof THOR mendapatkan kategori Silver”.

Pertamina Drilling afiliasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina yang bergerak di bidang pengeboran di mana Rig merupakan equipment terbesar yang dimiliki. Salah satu tahapan dalam proses pengeboran adalah Rebah-Tegak Menara dan Substructure, di mana proses tersebut adalah proses yang kritikal saat operasi pemboran akan dimulai maupun proses pemboran telah selesai. Kegagalan pada saat proses pekerjaan tersebut sangat dihindari karena dapat mengakibatkan terganggunya kelancaran kegiatan pemboran dan kerugian bagi perusahaan.

“Inovasi menghilangkan potensi kegagalan proses rebah-tegak substructure slingshot dengan menggunakan Sub-Gryo di Rig PDSI dengan pembuatan alat monitoring proses rebah-tegak substructure slingshot untuk alignment substructure berbasis Arduino secara real time yang dapat diakses melalui web browser yang diusung PC-Proof Ultimate merupakan upaya meminimalisir kerugian perusahaan," sambung Avep.

Rig adalah suatu instalasi peralatan untuk melakukan pengeboran sumur migas / geothermal. Sebelum melakukan pengeboran sumur, rig harus melalui beberapa proses sampai rig tersebut dapat beroperasi untuk melakukan pemboran. Tahapan-tahapan tersebut seperti moving ke site pengeboran, melakukan setting peralatan dan melakukan tegak substructure dan menara. 

Dari hasil inovasi ini didapati Quality dengan Tingkat kepresisian alat menjadi 99.96% dan alat dapat terpantau secara real time tanpa terkendala. Menghilangkan biaya perbaikan substructure dan lost opportunity revenue. Waktu yang dibutuhkan untuk proses rebah-tegak Substructure dapat dipercepat. Zero Incident akibat kegagalan dalam proses rebah-tegak substructure juga terwujud serta tingkat kepercayaan diri personil pada saat proses rebah-tegak substructure semakin meningkat. RH 

Inovasi Rebah-Tegak Rig Pertamina Drilling Raih Platinum di APQ Award 2024 Inovasi Rebah-Tegak Rig Pertamina Drilling Raih Platinum di APQ Award 2024 Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Juni 13, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.