J Resources Teken Komitmen Keberlanjutan


Jakarta, OG Indonesia --
Direksi dan Manajemen PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menandatangani komitmen untuk mengimplementasikan dan mengukur kinerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST/ESG) secara seimbang, transparan, dan berdampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan. Penandatangan dilakukan dalam ajang Workshop Penyelarasan Komitmen ESG, di Jakarta, Selasa (7/5/2024) pekan lalu.

“Bisnis dan operasi pertambangan yang menerapkan praktik bertanggung jawab terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola, serta mengedepankan transparansi dan akuntabilitas menjadi sebuah keharusan di tengah tekanan dunia yang begitu besar terhadap industri ekstraktif. Ada tiga kata kunci dalam implementasi ESG, yaitu tanggung jawab, transparan, dan terukur,” terang Chairman PSAB Jimmy Budiarto. 

Dia menekankan bahwa sustainability culture (budaya keberlanjutan) juga harus menjadi pondasi, seperti halnya safety yang telah menjadi budaya kuat di perusahaan tambang.

Workshop dengan tema “Bersama Menuju Keberlanjutan” yang dipandu oleh Juniati Gunawan, guru besar di Universitas Trisakti sekaligus Head of Trisakti Sustainability Center, sekaligus merupakan kick-off event yang menandai dimulainya perjalanan pengukuran keberlanjutan di J Resources yang mengacu pada standar Global Reporting Initiative (GRI), Peraturan Otoritas jasa Keuangan (POJK) nomor 51, juga standar-standar global lain yang relevan.

“Membangun kinerja Keberlanjutan membutuhkan setidaknya tiga hal: Komitmen dari manajemen mulai dari yang paling tinggi; Pengukuran kinerja Keberlanjutan yang obyektif; dan Integrasi semua komponen dalam organisasi,” jelas Prof. Juniati kepada seluruh peserta workshop.

Setiap peserta yang mengikuti Workshop, baik secara offline maupun online di lokasi tambang PSAB, mendapatkan Sertifikat Pengurangan Emisi Karbon yang terdaftar melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI). RH

J Resources Teken Komitmen Keberlanjutan J Resources Teken Komitmen Keberlanjutan Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Mei 13, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.