Pengembangan Energi Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Mungkinkah?


Jakarta, OG Indonesia -- Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyatakan sangat serius dalam mengembangkan energi terbarukan untuk Indonesia di masa mendatang. Komitmen tersebut digaungkan Prabowo-Gibran dalam acara yang digelar ASPEBINDO bertajuk Adu Strategi dan Kebijakan Capres di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral, di Financial Hall CIMB Niaga, Jakarta, Selasa 19 Desember 2023.

Pasangan calon capres dan cawapres nomor urut dua itu menyoroti pengembangan energi biomassa yang hingga kini belum mendapatkan perhatian lebih. Padahal potensi energi biomassa mampu memberikan kontribusi terbesar dalam pengembangan energi terbarukan.

Bobby Gafur Umar selaku Wakil Bendahara Umum TKN Prabowo-Gibran menjelaskan bahwa kebijakan energi Indonesia ke depan adalah secara nyata melakukan transisi ke energi terbarukan dan akan bertumpu pada ekonomi kerakyatan serta lingkungan hidup yang bersih.

"Biomassa itu tidak ribet. Kami optimis, biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang akan membawa dan menjadikan Indonesia sebagai raja energi hijau di dunia," ujar Bobby.

Dalam paparannya itu, Bobby menjelaskan bahwa Indonesia di masa mendatang harus terus melanjutkan kebijakan yang berpihak pada swasembada energi. Kemandirian energi harus dicapai dengan memacu pencapaian energi terbarukan.

Bagi Bobby, komitmen Prabowo-Gibran untuk mengembangkan energi terbarukan secara serius sudah tidak perlu diragukan. Bio energi yang punya potensi 57 GW menjadi fokus utama.

Bobby melihat adanya potensi besar bio energi terbarukan di Indonesia. "Karena kita punya potensi bio-energi yang sangat besar," ucap Bobby yang merupakan eks Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) itu.

Dirinya juga melihat potensi energi terbarukan Indonesia dan Biomassa memiliki banyak keunggulan dibanding sumber energi kelistirikan lainnya dan akan menggerakkan ekonomi sirkuler yang berbasis ekonomi kerakyatan. Sehingga bisa membuka 10 juta lapangan kerja baru. RH


Pengembangan Energi Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Mungkinkah? Pengembangan Energi Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Mungkinkah? Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Desember 26, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.