Perdana, PT Energia Prima Nusantara Raih Penghargaan Stellar Workplace Award 2023


Jakarta, OG Indonesia --
PT United Tractors Tbk. (UT) melalui salah satu anak usahanya 
yaitu PT Energia Prima Nusantara (EPN) untuk pertama kalinya dalam sejarah meraih prestasi gemilang melalui penghargaan yang diperoleh pada Stellar Workplace Award ke-8 tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Le Méridien, Jakarta, Rabu (8/11/2023). 

Tahun ini, penghargaan bergengsi tersebut diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen tinggi dalam meningkatkan keterikatan karyawan dengan menggunakan dua dimensi pengukuran, yaitu Employee Engagement dan Employer Branding.

EPN diwakili langsung oleh Human Capital & General Services Dept. Head, Sukendi dimana mewakili Chinthya Theresa AM selaku Presiden Direktur EPN, dengan mengusung tema “New Gen Engagement & Branding,” yang bertujuan menciptakan citra positif dalam proposisi nilai untuk menarik dan mengembangkan talenta muda. 

Dalam ajang ini, EPN berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yang mencerminkan prestasi gemilang dalam menciptakan lingkungan kerja yang penuh tanggung jawab serta memberikan kepuasan para pegawai.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh EPN adalah Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment, di mana penghargaan bagi Perusahaan yang memiliki indeks komitmen karyawan tinggo dalam melakukan extra-miles memberi kontribusi positif terhadap kesuksesan Perusahaan.

Kedua, Stellar Workplace Recognition in Employee Satisfaction, di mana penghargaan bagi Perusahaan yang memiliki indeks kepuasan karyawan tinggi yang tercermin dalam pernyataan positif mereka tentang Perusahaan kepada rekan kerja maupun pelanggan EPN.

“Melalui penghargaan ini harapannya semakin meningkatkan engagement antar pegawai dengan berbagai program positif yang terus digalakkan di lingkungan EPN. Selain itu, dengan tingkat komitmen dan kepuasan yang tinggi maka target indikator kinerja organisasi pun semakin mudah untuk dicapai,” terang Sukendi. 

Sukendi juga menambahkan bahwa gaya kepemimpinan juga menjadi salah satu faktor penting dalam dunia kerja. Pemimpin yang baik adalah dapat memberikan arahan jelas, meminimalkan konflik, memberikan daya juang semangat kepada sub-ordinat di bawahnya dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Estiarty Haryani, mengungkapkan bahwa demografi Indonesia telah mengalami perubahan yang cepat di mana jumlah penduduk usia produktif (usia 15 – 64 tahun) terus meningkat dan mencapai puncak pada tahun 2050. 

Dalam periode tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara dengan Angkatan kerja terbesar di Asia. Namun pada saat yang sama, angka ketergantungan mengalami peningkatan karena jumlah penduduk usia tua (usia 65 tahun ke atas) meningkat. Tak hanya itu, rendahnya tingkat pendidikan dan produktivitas membuat Daya Tawar (bargaining position) Pekerja Indonesia relatif rendah. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi ke depannya.

Stellar Workplace Award ke-8 tahun 2023 diselenggarakan oleh Kontan Business & Investment Media bersama GML Performance Consulting menyertakan 8.785 partisipan responden dan diikuti berbagai perusahaan besar seperti BPJS Kesehatan, PT Bank Central Asia Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia Tbk., PT Pupuk Indonesia (Persero), PT AXA Mandiri Financial Services, PT Indonesia Airasia Tbk., PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, PT Matahari Department Store Tbk., PT Merdeka Copper Gold Tbk., PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk., PT PJB Services, PT Pos Indonesia (Persero), dan masih banyak perusahaan lainnya.

“Dukungan dari pimpinan organisasi, lingkungan kerja yang kondusif serta apresiatif, iklim organisasi yang positif, dan dukungan keluarga merupakan faktor-faktor kunci dalam menghadapi setiap tantangan di dunia pekerjaan. EPN terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan kerja demi menciptakan kondisi yang mendukung perkembangan para pegawai,” tutup Sukendi. RH

Perdana, PT Energia Prima Nusantara Raih Penghargaan Stellar Workplace Award 2023 Perdana, PT Energia Prima Nusantara Raih Penghargaan Stellar Workplace Award 2023 Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, November 09, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.