Program Seribu Asa PHE OSES Sukses Tekan Angka Stunting di Kepulauan Seribu Utara


Jakarta, OG Indonesia --
PHE OSES (Offshore Southeast Sumatra), perusahaan minyak dan gas yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), telah meluncurkan program Seribu Asa di Kepulauan Seribu.

Program Seribu Asa adalah Selamatkan Stunting dan Gizi Buruk Bersama Pertamina, bertujuan untuk mengatasi masalah serius stunting dan gizi buruk di wilayah Kepulauan Seribu.

Senior Manager Relations Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, Agus Suprijanto mengungkapkan, Pertamina berkolaborasi dengan pemerintah daerah berkomtimen meningkatkan gizi dan memberantas stunting di Kepulauan Seribu sejak Juli tahun 2023.

“Salah satu pilar utama program ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya nutrisi yang seimbang dan perawatan anak-anak. Melalui berbagai kampanye penyuluhan dan edukasi, program ini telah memberikan informasi yang berharga kepada masyarakat, khususnya para ibu dan keluarga, tentang cara memberikan makanan bergizi kepada anak-anak mereka,” kata Agus, Sabtu (28/10/2023).

Program Seribu Asa sendiri juga mencakup penyediaan suplemen gizi dan perawatan medis bagi anak-anak yang mengalami gizi buruk dan stunting. Dengan bantuan tim medis dan ahli gizi, banyak anak yang sebelumnya mengalami masalah gizi buruk telah mengalami perbaikan yang signifikan.

Agus menjelaskan, Pertamina hadir untuk dapat mengharmonisasikan program yang dimiliki dengan program pemerintah dan masyarakat di wilayah Kepulauann Seribu.

“Seribu Asa merupakan upaya nyata kami untuk bersama-sama memerangi masalah stunting dan gizi buruk di Kepulauan Seribu,” tuturnya.

Salah satu contoh konkrit dari program ini adalah penyuluhan yang dilakukan di Pulau Kelapa, salah satu pulau penduduk di Kepulauan Seribu. Di mana tim dari PHE OSES bekerja sama dengan Kabupaten Kepulauan Seribu memberikan penyuluhan tentang pentingnya gizi yang seimbang dan perawatan anak-anak kepada masyarakat setempat.

“Dampak positif yang telah dicapai adalah Pertamina bersama Kabupaten Kepulauan Seribu dan masyarakat, dapat menciptakan perubahan positif yang signifikan dalam kesejahteraan anak-anak di Kepulauan Seribu. Berdasarkan data yang kami miliki, kini anak stunting yang masuk dalam program Seribu Asa telah tumbuh sehat dan tidak lagi masuk dalam kategori stunting,” jelasnya.

Sebagai informasi, PT Pertamina Hulu Energi OSES merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang melakukan usaha ekplorasi dan produksi minyak dan gas di wilayah offshore atau lepas pantai untuk wilayah Sumatera bagian tenggara atau tepatnya di Bangka Belitung dan Lampung Timur, kemudian di Serang, Banten, serta Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Di tahun 2022 lalu, produksi minyak PHE OSES sebanyak 19,64 MBOPD dengan produksi gasnya mencapai 39,46 MMSCFD di tahun lalu.

Perusahaan memiliki Visi, ‘Menjadi Perusahaan Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia’ dan Misi ‘Melaksanakan pengelolaan operasi dan portofolio usaha sektor hulu minyak dan gas bumi secara professional dan berdaya laba tinggi serta memberikan nilai tambah bagi stakeholder.’

Dalam melakukan aktivitas usahanya, PHE OSES ini menjalankan bisnis eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi secara professional, aman, optimal, efisien, handal dan berwawasan lingkungan.

Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab atas aktivitas usahanya, PHE OSES pun membuat rumusan strategi CSR untuk mengelola dampak yang ditimbulkannya. Yakni dengan melakukan dan menjaga keseimbangan bisnis secara efektif dan efisien antara operasi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan  mempertimbangkan peraturan perundang-undangan, tata nilai unggulan Perseroan serta prinsip-prinsip good corporate governance (GCG).

Kemudian, turut serta dalam upaya pengendalian perubahan iklim yang diwujudkan melalui kegiatan yang mendukung pengelolaan lingkungan, penghijauan dan pelestarian keanekaragaman hayati.

PHE Oses juga melaksanakan pemberdayaan masyarakat yang berkearifan lokal dengan mengangkat potensi unggulan di wilayah operasi perseroan yang  disertai pembinaan hubungan baik dengan berbagai pemangku kepentingan terkait (SE).

CSR PHE Oses juga kerap menggelar peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi dengan memberikan prioritas pada aspek lingkungan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial-budaya dan infrastruktur. Kemudian, memberikan manfaat dan inovasi sosial kepada masyarakat secara berkelanjutan berdasarkan prinsip kemandirian melalui aspek sumber daya, kelembagaan, dan jaringan. Serta terakhir, proaktif dan responsif terhadap upaya penanggulangan bencana.

Adapun untuk rumusan tujuan pengelolaan tanggung jawab sosial dalam mendukung strategi bisnis berkelanjutan adalah, mewujudkan social license to operate yang kondusif bagi kegiatan operasional perusahaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja perusahaan melalui pemberdayaan yang mandiri dan berkelanjutan sesuai dengan pedoman Sustainable Development Goals (SDGs). Dini

Program Seribu Asa PHE OSES Sukses Tekan Angka Stunting di Kepulauan Seribu Utara Program Seribu Asa PHE OSES Sukses Tekan Angka Stunting di Kepulauan Seribu Utara Reviewed by Ridwan Harahap on Minggu, Oktober 29, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.