Pengapalan Perdana Kondensat Simenggaris ke Terminal Bunyu


Jakarta, OG Indonesia --
JOB Pertamina Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) dari Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, untuk pertama kalinya melakukan pengapalan kondensat yang diproduksi dari lapangan South Sembakung Wilayah Kerja Simenggaris di Kalimantan Utara menuju Terminal PEP Bunyu, Selasa (10/10/2023).

Pengapalan kondensat ini untuk selanjutnya akan di-blending dengan Bunyu Crude dan dilakukan joint lifting kepada PT Kilang Pertamina Internasional. Hal ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergi pemanfaatan asset di Regional Kalimantan Zona 10 untuk mendukung pencapaian Produksi dan optimalisasi biaya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kehandalan operasi guna menunjang peningkatan produksi minyak dan gas bagi negara. 

Pengapalan perdana kondensat ini juga merupakan salah satu pencapaian JOB Simenggaris pada tahun 2023 yang sebelumnya telah melakukan start up dan gas on stream kepada pembeli gas PT Kayan LNG Nusantara sejak tanggal 25 Februari 2023, dengan capaian baik dan sukses membangun serta  mengoperasikan kilang mini LNG pertama di Indonesia, sekaligus telah berhasil memproduksi LNG dari gas Simenggaris sejak tanggal 5 agustus 2023. 

General Manager (GM) Zona 10 & JOB Simenggaris Regional Kalimantan, Avep Disasmita, sangat mengapresiasi kolaborasi Ini. “Saya sangat optimis dengan proses kerja ini, dan berharap dapat terus berkesinambungan. tentunya saya juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat, sehingga operasi pengapalan pertama kondensat ini berjalan dengan lancar, aman dan selamat,” ujarnya.

JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris adalah Operator Blok Simenggaris dengan Participating Interest  antara PT Pertamina Hulu Energi Simenggaris & PT Medco E&P Simenggaris. JOB Pertamina Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) merupakan bagian dari Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina yang dinakhodai oleh PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di Regional 3 Kalimantan. 

Tahun 2022 lalu, melalui anak perusahaan dan afiliasinya, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 57,8 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 668,3 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD). Dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan. RH


Pengapalan Perdana Kondensat Simenggaris ke Terminal Bunyu Pengapalan Perdana Kondensat Simenggaris ke Terminal Bunyu Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Oktober 17, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.