Ini Dia Kerja Sama Manajemen Emisi Berbasis Pengukuran Pertama di Indonesia


Badung, OG Indonesia -- 
Pada tanggal 20 September 2023 di acara ICIUOG 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, PT Radiant Utama Interinsco TBK (RUIS) dan PT Radian Teknologi Global (RTG) telah melakukan penandatanganan kontrak kerja sama untuk menghadirkan Servis Manajemen Emisi Berbasis Pengukuran pertama di Indonesia melalui kerja sama dengan perusahaan Belgia yang terdepan di dunia dalam hal manajemen emisi, khususnya di sektor minyak dan gas bumi, Intero The Sniffers, sebagai wujud nyata usaha RUIS dan RTG dalam membantu pemerintah Indonesia mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 atau lebih cepat.

Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat di atas 5% kebutuhan energi pun meningkat. Di lain sisi Indonesia juga berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kacanya dengan menargetkan NZE di tahun 2060 atau lebih cepat sesuai dengan Enhanced National Determined Contribution (ENDC) yang dikeluarkan tahun 2022 yang lalu. 

Sektor Minyak dan Gas Bumi, Petrokimia, Industri Manufaktur dan Kelistrikan merupakan kontributor terbesar. Inisiatif MRV yaitu Measurement, Reporting and Verification oleh Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Permennya merupakan solusi yang paling mudah, cepat dan tidak memakan APBN untuk Indonesia memetakan tingkat emisi dan menetapkan strategi solusi yang tepat mencapai NZE tersebut.

“Mengukur dan menurunkan emisi metana sebagai gas rumah kaca terbukti cara tercepat mencapai NZE di sektor migas,” kata Giulia Ferrini, Program Manager, United Nations Environment Program (UNEP).

"Berdasarkan data dari hasil kerja kami dengan 64 perusahaan Belgia untuk mengelola emisi mereka berdasarkan program Pengukuran, Deteksi, dan Perbaikan, mereka telah berhasil mengurangi emisi per sumber sebesar lebih dari 76% dalam jangka waktu 6 tahun dan sekaligus mengurangi biaya pengoperasian dan pemeliharaan (O&M) serta meningkatkan produktivitas mereka,” sambung Kevin Reyniers, International Manager of Intero The Sniffers.

Intero The Sniffers adalah perusahaan terdepan di dunia yang sudah lebih dari 20 tahun berkecimpung di manajemen emisi dan berdomisili di Belgia. Intero The Sniffers dipercaya oleh para pelaku migas dunia seperti BP, Shell, Saudi Aramco dan juga industri lainnya di berbagai negara untuk membantu mereka menerapkan strategi pengurangan emisinya. Intero The Sniffers juga sangat erat dengan UNEP mendukung program OGMP 2.0 (Oil and Gas Methane Partnerships) sebagai Perusahaan terpercaya dan tersertifikasi secara internasional dalam bidang MRV.

“Melakukan Manajemen Emisi yang didasarkan oleh pengukuran selain dapat secara efektif menurunkan tingkat emisi dari perusahaan terkait, juga meningkatkan keekonomian bisnisnya dengan menurunkan biaya O&M, hanya dengan melakukan inspeksi bedasarkan pengukuran setahun sekali dengan biaya kecil yang bisa dimasukkan sebagai biaya operasional tahunan,” kata Soeharto Nurcahyono, Direktur RUIS.

“Saat ini profil emisi di Indonesia masih berbasis perhitungan, dibutuhkan metode yang mencerminkan kondisi yang sebenarnya dan akuntabel, dan hal ini hanya bisa didapat melalui pengukuran langsung di sumber emisi sehingga data akurat bisa diperoleh oleh industri dan solusinya pun akan tepat sasaran," kata Yogi Arie Wibowo, Lead of Business Development RUIS.

“Melakukan Measurement Reporting and Verification (MRV) atau pengukuran emisi merupakan cara yang tepat dan cepat bagi industri untuk berpartisipasi dalam program ENDC pemerintah, dan seharusnya industry tidak perlu menunggu regulasi pemerintah terkait karena benefit finansialnya sangat jelas," ucap Moshe Rizal, Direktur RTG. RH

Ini Dia Kerja Sama Manajemen Emisi Berbasis Pengukuran Pertama di Indonesia Ini Dia Kerja Sama Manajemen Emisi Berbasis Pengukuran Pertama di Indonesia Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, September 21, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.