Komitmen Terhadap Kinerja Lingkungan dan Sosial, Regional Indonesia Timur Borong 10 Penghargaan ENSIA


Semarang, OG Indonesia --
Komitmen terhadap pengelolaan kinerja Environmental, Social & Governance (ESG) di lingkup Regional Indonesia Timur Pertamina Subholding Upstream mendapatkan pengakuan dalam ajang penghargaan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) yang diselenggarakan Sucofindo. Penghargaan ini turut diikuti oleh perusahaan lain dari berbagai industri di Indonesia mencakup industri Migas, Tambang, Palm Oil, FMCG, dan lainnya.

Adapun penghargaan yang diberikan, terdiri dari 7 topik inovasi lingkungan dan sosial, meliputi efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan limbah B3, 3R limbah padat non B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran, perlindungan keanekaragaman hayati, serta inovasi sosial. Masing-masing topik tersebut terbagi menjadi 3 kategori, yaitu penghargaan platinum, gold dan silver.

“Kami mengapresiasi kepada penyelenggara serta para pelaku usaha yang telah menerapkan efisiensi terhadap pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dengan sosial. Hal ini sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup. Kami berharap kedepannya para pelaku usaha yang menerima penghargaan dapat memberikan dan menciptakan inovasi secara berkelanjutan,” kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong di lokasi penyerahan penghargaan pada Kamis (10/8/2023).

Alue Dohong menambahkan bahwa dengan komitmen pelaku usaha dalam mengelola keseimbangan lingkungan, ekonomi, dengan sosialnya sejalan dengan instrumen PROPER. “Bagaimana perusahaan mengelola, tak hanya aspek benefit, tetapi aspek terhadap lingkungan dan tanggung jawab terhadap sosialnya,” kata Alue Dohong.

Dalam ajang tersebut, Pertamina EP Donggi Matindok Field meraih tujuh penghargaan yakni 4 Platinum Award yang diperoleh dari aspek Penurunan Emisi, Pengurangan Limbah B3, 3R Limbah Padat Non B3, dan Efisiensi Air. Serta, tiga Gold Award yang diperoleh dari aspek Efisiensi Energi, Perlindungan Keanekaragaman Hayati, dan Inovasi Sosial.

“Ini menunjukkan komitmen kuat DMF terhadap kinerja keberlanjutan, dengan terus melakukan inovasi yang mendukung pencapaian ESG yang juga selaras dengan target reduksi emisi nasional, maupun kontribusi terhadap capaian agenda internasional Sustainable Development Goals,” ujar General Manager Zona 13, Benny Sidik.

Selain itu, PHE WMO meraih dua Kategori Platinum dalam Inovasi Pengurangan dan Pemanfaatan Limbah B3 dan Inovasi Efisiensi Air. PEP Sukowati Field meraih Kategori Platinum dalam Inovasi Penurunan Emisi. 

“Inovasi yang kami lakukan bertujuan untuk mengelola dampak lingkungan sejalan dengan komitmen kami terhadap aspek keberlanjutan,” tambah General Manager Zona 11 Muhamad Arifn. 

Selain mendukung kinerja ESG, inovasi yang dilakukan oleh Regional Indonesia Timur ini telah mendukung pencapaian agenda nasional SDGs yakni no. 7 Energi Bersih dan Terjangkau, no. 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, no. 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab, no. 13 Penanganan Perubahan Iklim, no. 15 Menjaga Ekosistem Darat dan no. 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. RH

Komitmen Terhadap Kinerja Lingkungan dan Sosial, Regional Indonesia Timur Borong 10 Penghargaan ENSIA Komitmen Terhadap Kinerja Lingkungan dan Sosial, Regional Indonesia Timur Borong 10 Penghargaan ENSIA Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Agustus 24, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.