Kampus UPER Siap Jaring 45 Lulusan Terbaik untuk Bekerja di Grup Pertamina


Jakarta, OG Indonesia -- 
 Auditorium di lantai 3 Gedung Griya Legita, Kampus Universitas Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan, tiba-tiba riuh. Terlihat lima orang berlari-lari kecil melintasi bentangan tali layaknya telah mencapai garis finish dalam sebuah lomba lari. Berkaos polo paduan warna merah, biru, putih, dengan logo Universitas Pertamina di dada kiri, serta bawahan senada hitam, kelima anak muda tersebut adalah sebagian kecil dari 100 kandidat terbaik dari kampus Universitas Pertamina (UPER) yang berpotensi direkrut untuk bekerja di grup Pertamina.

PT Pertamina (Persero) memang tengah memberikan kesempatan bagi 45 orang terbaik dari UPER untuk bekerja di lingkungan Pertamina, dari bidang hulu sampai hilir. Untuk mendapatkan 45 orang terbaik tersebut, Pertamina pun menggulirkan program Lulusan Merah Putih yang memberikan kesempatan kepada 100 lulusan terbaik UPER untuk mengikuti talent pool Pertamina.

"Mereka akan melewati proses penyiapan dan seleksi ketat untuk kemudian mereka yang lolos seleksi rekrutmen akan berkarir di Pertamina Group. Tersedia 45 posisi di Pertamina Group bagi lulusan Universitas Pertamina yang mampu lolos seleksi," ucap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, saat acara Wisuda ke-8 Universitas Pertamina di Grha Pertamina, Jakarta, medio Mei 2023 lalu.

Menanggapi kesempatan yang dibuka Pertamina tersebut, Kampus UPER melakukan serangkaian kegiatan seleksi guna menjaring lulusan terbaik kampus. Dari sekitar 2.600 lulusan UPER yang diseleksi didapatkan sekitar 300 lulusan unggulan yang kemudian diperas lagi hingga mendapatkan 100 kandidat terbaik. 

 "Hari ini merupakan starting point untuk yang 100 orang ini untuk mengikuti program sehingga nanti didapatkan 45 orang yang terbaik," kata Rektor Universitas Pertamina Prof. Wawan Gunawan A. Kadir kepada OG Indonesia saat ditemui dalam acara peluncuran "100 Terbaik Lulusan Merah Putih" di Auditorium Gedung Griya Legita, Kampus UPER, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Diterangkan olehnya, 100 kandidat tersebut akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan langsung dari para pekerja atau Perwira Pertamina yang tergabung dalam Pertamina IN 2 ME. Pertamina IN 2 ME merupakan komunitas yang mewadahi para volunter dari pekerja-pekerja Pertamina yang peduli serta ingin berkontribusi terhadap pendidikan yang ada di Indonesia. 

Prof. Wawan menerangkan, pelatihan untuk 100 lulusan terbaik UPER ini guna menjaring jebolan Kampus UPER yang tergolong best of the best. "Kami dari Universitas Pertamina tentu bertanggung jawab supaya para lulusan terbaik ini siap berkarir di Pertamina," jelasnya.

Hary Kuswanto, Officer Talent Acquisition & Learning Pertamina Hulu Energi yang merupakan Koordinator Pertamina IN 2 ME, dalam kesempatan yang sama menerangkan bahwa pihaknya akan memberikan pembekalan kepada 100 lulusan terbaik UPER. Di luar pembekalan teknis yang tentu sudah didapatkan dari kampus, Pertamina IN 2 ME berfokus kepada pembekalan terkait soft skills yang diperlukan dalam dunia kerja nyata. 

"Kita akan bedah tuntas bagaimana proses rekrutmen di Pertamina, karena kalau tidak tahu polanya seperti apa tentu akan kelabakan. Kedua, kita akan bedah CV, bagaimana menjual potensi yang ada dalam diri. Ketiga, membedah bagaimana teknik interview, di mana salah satu yang akan dinilai itu teknik komunikasi kita. Dan yang terakhir terkait dinamika lingkungan kerja, jangan sampai sudah masuk, syok karena lingkungan kampus dan kerja berbeda. Jangan sampai dia masuk, tapi tiga bulan pertama kaget, akhirnya resign," urai Hary. RH

Kampus UPER Siap Jaring 45 Lulusan Terbaik untuk Bekerja di Grup Pertamina Kampus UPER Siap Jaring 45 Lulusan Terbaik untuk Bekerja di Grup Pertamina Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Juli 06, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.