Dukung Konservasi Penyu Sisik, PHE OSES Tingkatkan Kapabilitas Generasi Muda Kepulauan Seribu


Jakarta, OG Indonesia --
Jalankan komitmen implementasi CSR berkelanjutan, PT Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatera (PHE OSES) bersama Karang Taruna Unit 3 Pulau Sabira, Kepulauan Seribu mengikuti 2023 Indonesia Sea Turtle Symposium and The Greater Coral Triangle Region di Jakarta pada tanggal 14-15 Juni 2023. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan WWF Indonesia dan Yayasan Taka.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas Karang Taruna yang terlibat dalam pelestarian penyu sekaligus berbagi ilmu pengetahuan dengan pelestari lainnya. Dalam kesempatan ini, PHE OSES bersama dengan Mahasiswa Politeknik Ahli Usaha Perikanan dan Karang Taruna Unit 3 melakukan penelitian mengenai Karakteristik dan Kondisi Habitat Peneluran Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata) di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu. 

Hasil penelitian itu kemudian diikutsertakan pada seleksi abstrak dan lolos untuk pembuatan jurnal serta mengikuti Symposium. 

Dari hasil symposium ini, diharapkan Karang Taruna dapat melakukan monitoring dan pendataan penyu sisik yang mendarat di Pulau Sabira serta menciptakan inovasi baru untuk meningkatkan potensi penyu tersebut bertelur dan peningkatan potensi penetasan yang ada. Mengingat pada sambutannya Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo mengungkapkan bahwa penyu merupakan 18 jenis biota perairan yang dilindungi dan terancam kepunahannya, sehingga diperlukan upaya untuk konservasi dari berbagai pihak.

Indra Darmawan selaku Head of Communication & Relations PHE OSES mengatakan bahwa aspek lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, sehingga perlu saling dukung dan sinergi antar berbagai stakeholder yang ada. 

"Kami memiliki program CSR yang salah satu fokusnya di bidang lingkungan, terlebih dalam menjaga keanekaragaman hayati. Kami juga berterima kasih atas keterlibatan aktif seluruh pihak dalam pelestarian penyu ini termasuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi DKI Jakarta,” pungkas Indra. Dini

Dukung Konservasi Penyu Sisik, PHE OSES Tingkatkan Kapabilitas Generasi Muda Kepulauan Seribu Dukung Konservasi Penyu Sisik, PHE OSES Tingkatkan Kapabilitas Generasi Muda Kepulauan Seribu Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Juli 05, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.