bp Tegaskan Komitmen untuk Indonesia kepada Wakil Presiden


Teluk Bintuni, OG Indonesia --
Kathy Wu, regional president Asia Pacific, gas & low carbon energy untuk bp – operator dari  Tangguh  LNG,  bertemu  dengan  Wakil  Presiden  (Wapres)  Ma’ruf  Amin pada  hari  ini, Jumat (14/7/2023) di Distrik  Babo, Kabupaten Teluk Bintuni, provinsi Papua Barat. 
Wakil Presiden melakukan transit di bandara baru Babo Jumat, sebagai bagian dari rangkaian kunjungan tujuh hari ke provinsi Papua Tengah, Papua Barat dan Papua Barat Daya.  

Kunjungan  Wakil  Presiden  ke  tanah  Papua  sejalan  dengan  posisi  beliau  sebagai  Ketua  Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP).  

Kathy  memberikan paparan  singkat  kepada  Wapres  mengenai  bisnis  bp  di  Indonesia,  sebagai salah satu investor asing terbesar di Indonesia, di mana bp telah berada selama lebih dari 55 tahun dan berinvestasi tidak kurang dari US$ 15 milyar, termasuk investasi di Tangguh LNG.  Tangguh  LNG  merupakan  lapangan  berproduksi  gas  terbesar  di  Indonesia.  Produksi  gas  dari Tangguh  memenuhi  20%  dari  produksi  gas  nasional.  

Saat  ini,  Kathy  menambahkan,  Tangguh sedang  dalam  tahap  penyelesaian  kilang  LNG  ketiga.  Penyelesaian  kilang  ketiga  akan meningkatkan kontribusi produksi gas Tangguh terhadap produksi gas nasional dari 20% menjadi 35%.  Sampai  saat  ini,  Tangguh  telah  menghasilkan  lebih  dari  US$  10,1  milyar  dalam  penerimaan negara, diantaranya dalam bentuk pendapatan dana bagi hasil migas dan juga pajak. Dia menegaskan, Tangguh bertekad untuk terus berkembang di Indonesia.  

”Kami akan terus berinvestasi. Setelah penyelesaian proyek Tangguh Train 3 dalam waktu dekat, kami akan membangun Tangguh UCC yang termasuk di dalamnya proyek CCUS (carbon capture, utilisation and storage) berskala besar pertama di Indonesia dan mendukung langkah Pemerintah dalam hal transisi energi,” tegas Kathy.  

Kedua proyek tersebut, Tangguh Train 3 dan Tangguh UCC, telah dinyatakan Pemerintah sebagai proyek strategis nasional (PSN).  Kathy, yang ditemani oleh bp Asia Pacific procurement senior manager James Tehubijuluw yang juga  bertindak  sebagai  Acting  VP  Indonesia,  menyampaikan  terima  kasihnya  atas  dukungan Pemerintah  dan  berharap  bahwa  kolaborasi  keberlanjutan  dengan  pemerintah  setempat  akan membawa manfaat yang lebih besar terhadap masyarakat Papua Barat.   

Wakil  Presiden  Ma’ruf  dalam  dialognya  bersama  bp  menyatakan rasa  terima kasihnya  atas investasi  bp  di Indonesia  selama  ini  dan  kontribusinya  terhadap  ekonomi  di  tingkat  pusat  dan daerah, dan berharap bp meningkatkan investasinya di wilayah lain di Indonesia.  

Program sosial  Tangguh menegaskan komitmen  keberlanjutannya terhadap masyarakat lokal  melalui berbagai program  pemberdayaan  masyarakat  Papua,  seperti  model  inkubasi  bisnis  SUBITU, pemberdayaan koperasi lokal, pengembangan perusahaan lokal menjadi bagian dari rantai suplai Tangguh, pelatihan-pelatihan termasuk Program Pemagangan Teknisi Tangguh.  

Sampai dengan tahun 2022, Tangguh telah menginvestasikan sekitar US$ 40 juta (atau setara dengan sekitar Rp 600 milyar) untuk program-program sosial dalam berbagai bidang termasuk pendidikan, kesehatan, kewirausahaan dan berbagai program pemberdayaan masyarakat lokal.  

Beberapa contoh keberhasilan program tersebut: 

•  Beasiswa kepada lebih dari 1.350 pelajar Papua di tingkat SMA dan universitas •  Menjalankan pendidikan 3 tahun bagi putra-putri Papua melalui Program Pemagangan Teknisi Tangguh. Saat ini, lebih dari 100 lulusan program ini telah bekerja sebagai operator di Tangguh.  

•  Saat  ini,  72%  dari  pekerja  Tangguh  LNG  berasal  dari  tanah  Papua.  Hal  ini  sejalan  dengan komitmen AMDAL kami bahwa proporsi pekerja asal Papua akan mencapai 85% dari total pekerja di Tangguh pada tahun 2029. 

•  Inkubasi bisnis  SUBITU. Bisnis binaan  bp, melalui  berbagai pelatihan, yang  dijalankan oleh anak-anak  Papua  yang  awalnya  bergerak  di  bidang  tekstil  dan  pemeliharaan  AC  di  Bintuni sekarang  telah  berkembang  ke  bisnis  lain  seperti  ritel,  penatu,  konsultasi  bisnis,  dan transportasi serta mempunyai cabang di Manokwari dan Sorong. 

•  Sebanyak  44  perusahaan  asal  Papua  merupakan  bagian  dari  rantai  pasok  Tangguh  LNG, dengan nilai kontrak kumulatif sejak 2006 mencapai US$ 299 juta. RH

bp Tegaskan Komitmen untuk Indonesia kepada Wakil Presiden bp Tegaskan Komitmen untuk Indonesia kepada Wakil Presiden Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Juli 14, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.