Pertamina Belum Yakin Gross Split akan Dipakai di Kontrak Baru PHE ONWJ

Syamsu Alam, Direktur Hulu
PT Pertamina (Persero)
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam mengatakan bahwa dirinya merasa skema Gross Split belum akan diujicobakan untuk perpanjangan kontrak baru PHE di Blok ONWJ di awal tahun 2017 seperti yang banyak dikabarkan selama ini.

"Kalau feelling saya sih enggak, karena ini masih dikaji dan masih banyak diskusi," kata Syamsu Alam kepada OG Indonesia di kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Selasa (20/1).

Dalam jangka waktu yang relatif sangat pendek, ia meragukan apakah skema Gross Split sudah benar-benar siap untuk diterapkan di Blok ONWJ yang nantinya akan diserahkan 100% kepada Pertamina.

"Memang dikatakan ONWJ katanya akan dipakai sebagai uji coba untuk Gross Split ini, tapi saya enggak tahu apakah Pemerintah juga sudah siap. Karena kalau belum kan bisa jadi masalah, jadi kita tunggu saja," terangnya.

Ditegaskan olehnya, Pertamina selalu siap jika kontrak baru atau perpanjangannya diterapkan skema Gross Split. 

"Kontrak baru atau perpanjangan ada ONWJ, Mahakam, dan ada JOB-JOB yang akan habis. Artinya Pertamina harus siap mengaplikasikan Gross Split dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kalau toh belum bisa dilakukan di ONWJ, akan ada beberapa PSC dengan kontrak baru yang akan kita terima dan itu bukan tidak mungkin akan Gross Split," pungkasnya. RH
Pertamina Belum Yakin Gross Split akan Dipakai di Kontrak Baru PHE ONWJ Pertamina Belum Yakin Gross Split akan Dipakai di Kontrak Baru PHE ONWJ Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Desember 21, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.