PT PAL Digandeng Perusahaan Turki Bangun Kapal Pembangkit Listrik 5.000 MW

Muhammad Firmansyah Arifin, Direktur
Utama PT PAL Indonesia (duduk kiri) dan
Orhan Remzi Karadeniz, CEO PT Kar
Powership (duduk kanan) menandatangani
MoU pembangunan kapal pembangki listrik.
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, OG Indonesia -- PT Kar Powership, pemiIik dan operator dari 125 Megawatt (MW) Karadeniz Powership Zeynep Sultan yang berlokasi di Amurang, Sulawesi Utara, tengah merencanakan perluasan operasinya di Indonesia. Selain 4 Kapal Pembangkit yang akan dikirimkan hingga akhir 2016, Kar Powership yang berasal dari Turki merencanakan gebrakan Iain di Indonesia.

Melalui kerja sama ekslusif, PT Kar Powership dan PT PAL Indonesia tengah merencanakan dukungan atas rencana penyediaan energi Iistrik 35.000 MW yang jadi program Presiden Joko Widodo. Kerjasama ini mencakup pembuatan Kapal Pembangkit Listrik atau Powerships selama 7 tahun ke depan dengan kapasitas berbeda dengan total keseluruhan 5.000 MW.

"Kami dari PT PAL adalah partner, tentu kapalnya akan dibangun di PT PAL di Surabaya, kita bisa bikin sampai 300 meter juga bisa," kata Muhammad Firmansyah Arifin, Direktur Utama PT PAL Indonesia selepas acara penandatanganan MoU di Senayan, Jakarta, Jumat (28/10). 

Dijelaskan oleh CEO PT Kar Powership, Orhan Remzi Karadeniz, kemampuan dual-fuel Powerships akan menjembatani kesenjangan daya listrik hingga Indonesia sudah bisa memiliki cadangan gas secara online. "Kapal pembangkit listrik ini sangat cocok bagi kondisi Indonesia yang negara kepulauan karena tidak memerlukan Iahan sehingga dapat bergerak fleksibel dalam menyediakan listrik di seluruh kepulauan Indonesia," terang Orhan.

Dengan perjanjian antara PT Kar Powership dan PT PAL Indonesia ini maka secara bertahap akan diIakukan sosialisasi dan upaya menyediakan Iapangan kerja untuk penduduk IokaI. 


PT PAL Indonesia akan diberikan hak kontribusi ekslusif terhadap pembangunan armada Powership terbesar di dunia. Dengan ekslusifitas ini, PT PAL Indonesia akan diberikan fasilitas berupa desain, pengadaan, konstruksi, transportasi, instalasi, pengujian, dan pemeliharaan Powerships dengan jumiah keseluruhan 5.000 MW selama 7 tahun kedepan.
PT PAL Digandeng Perusahaan Turki Bangun Kapal Pembangkit Listrik 5.000 MW PT PAL Digandeng Perusahaan Turki Bangun Kapal Pembangkit Listrik 5.000 MW Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Oktober 28, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.