Tambang Kian Lesu, Angka PHK Akan Terus Melonjak

Jakarta, OG Indonesia-- Dampak Industri pertambangan termasuk batu bara yang kian melesu, perusahaan terpaksa menurunkan produksi karena harga batu bara yang sudah tidak ekonomis, ujung-ujungnya adalah pengurangan pegawai. Chairman Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Pandu P. Sjahrir, mengatakan dari 1 juta orang karyawan yang ada di industri pertambangan batu bara dalam negeri, sudah ada 40% yang dirumahkan.

"Kami ada 1 juta orang yang hidup dari industri tambang. Kurang lebih dari member kami ada 40% karyawan yang sudah dirumahkan," jelasnya.

Jumlah pengurangan karyawan ini, ujar Pandu, akan bisa bertambah lagi dengan penurunan produksi batu bara yang terjadi.

"Kami asumsikan akan mungkin bisa 10-15% (pengurangan pegawai) lagi sesuai dengan penurunan produksi," ujar Pandu.

Pada kesempatan itu Pandu mengatakan, produksi batu bara Indonesia pada tahun ini diprediksi akan turun 10-15% menjadi sekitar 350 juta ton. Dari 350 juta ton tersebut, sebanyak 80 juta ton untuk kebutuhan domestik dan sisanya diekspor. Ekspor yang jumlahnya 270 juta ton ini turun dari tahun lalu 310 juta ton.

"Domestiknya flat loh kalau tidak salah. Karena kita kan harus lihat angka domestik. Kalau domestik itu bergerak terus ke atas, artinya demand makin besar. Maka program 35 GW makin banyak. Tapi kalau misalnya flat berarti belum ada kan. Nah jadi kurang lebih segitu," papar Pandu.
Tambang Kian Lesu, Angka PHK Akan Terus Melonjak Tambang Kian Lesu, Angka PHK Akan Terus Melonjak Reviewed by OG Indonesia on Senin, Maret 07, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.