PLTMH Lebak Barang Tingkatkan Rasio Elektrifikasi di Jawa Tengah

Sungai Sengkarang di Pekalongan
jadi sumber penghasil listrik
untuk PLTMH Lebak Barang.
Foto: Wikimapia
Pekalongan, OG Indonesia -- PT PLN (Persero) manfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lebak Barang untuk menambah rasio elektrifikasi di Pekalongan, Jawa Tengah. PLTMH tersebut memanfaatkan aliran sungai Sengkarang untuk membangkitkan listrik.
 
Pemanfaatan PLTMH Lebak Barang ini diresmikan langsung oleh Direktur Bisnis Regional Bagian Tengah Nasri Sebayang beserta General Manager Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Dwi Kusnanto serta Presiden Direktur PT Hidro Rizki Ilahi (HRI) selaku pengembang.

Nasri Sebayang menyampaikan PLN sangat peduli untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh penjuru Nusantara, apalagi dengan memanfaatkan penggunaan energi baru terbarukan. Untuk itu peresmian PLTMH Lebak Barang berkapasitas 7 MW tersebut merupakan perwujudan nyata upaya yang dilakukan PLN untuk tambah pasokan listrik menggunakan energi yang ramah. 

"Kami senang sekali akhirnya PLTMH Lebak Barang ini bisa berfungsi maksimal, dan bisa dimanfaatkan dengan baik bagi sekitar 7000 rumah tangga. Kami harap dukungan warga untuk menjaga keberlangsungan PLTMH di Lebak Barang," ujar Nasri Sebayang dalam siaran pers yang diterima OG Indonesia, Sabtu (11/03). 

Nasri menambahkan bahwa untuk membangun  PLTMH tidaklah mudah karena setiap hari mengalami banyak kendala mulai dari kontruksi dan  kajian teknis. Sementara terkait dengan pemilihan lokasi di Kabupaten Pekalongan ini karena mempunyai potensi alam yang memenuhi syarat dibangun PLTMH.

"Meski pembangunannya banyak mengalami kendala, namun kami bersyukur kerja keras semua pihak terutama PLN kini terbayar. Saya optimis bahwa PLTMH bisa beroperasi sampai dengan 100 tahun bergantung pada pemeliharaan dan berharap PLTMH ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik," ungkap Nasri. 

PLTMH Lebak Barang dibangun oleh PT Hidro Rizki Ilahi (HRI) yang mampu menghasilkan listrik sebesar 7 MW melalui tiga unit mesin dan masuk ke dalam sistem interkoneksi jawa tengah melalui transmisi 20 kV. RH
PLTMH Lebak Barang Tingkatkan Rasio Elektrifikasi di Jawa Tengah PLTMH Lebak Barang Tingkatkan Rasio Elektrifikasi di Jawa Tengah Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Maret 12, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.