IP Week 2016 : Ini Terobosan Dalam Menaikan Gairah Eksplorasi Migas

Bandung, OG Indonesia-- Institut Teknologi Bandung, di akhir bulan Februari 2016 kembali menggelar Integrated Petroleum Week 2016 (IPWeek2016), acara yang diselenggarakan oleh SPE ITB SC ini mengupas bahasan seputar Kebijakan Energi Nasional dan geliat eksplorasi migas Indonesia.



Sebagaimana disampaikan Andang Bachtiar, Anggota Dewan Energi Nasional dalam kesempatan ini bahwa sasaran dari Kebijakan Energi Nasional (KEN) salah satunya merubah paradigma, "Perubahan paradigma ini guna terwujudnya paradigma baru bahwa energi sebagai modal pembangunan nasional, "cetusnya dalam membuka paparan pada sesi Seminar di hari pertama.

Andang Bachtiar, Anggota DEN 
Andang menjelaskan pula, saat ini kerja Komite Eksplorasi Nasional memiliki beberapa quick win, diantaranya Melakukan evaluasi dan atau mengusulkan rekomendasi revisi terhadap kebijakan pemerintah pusat, kementerian, dan pemerintah daerah yang kontra produktif dengan usaha kegiatan eksplorasi.

Kedua, menginisiasi perubahan dari POD Basis menjadi Blok Basis, dan jika diperlukan melakukan renegosiasi dengan KKKS yang aktif dengan POD Basis. Dengan begitu diharapkan banyak kegiatan eksplorasi yang dilakukan.

Ketiga, mengusulkan revisi dari kontrak migas non-konvensional. Hal ini akan membawa semangat baru dalam menemukan cadangan baru yang ekonomis dalam jangka waktu menengah-jangka panjang.

Keempat, membuat usulan dan menginisiasi riset yang harus dilakukan oleh pemerintah, sesuai dengan karakter cekungan di Indonesia. Untuk itu Andang yang juga sebagai Ketua Komite Eksplorasi Nasional ini mengajak para ahli migas untuk melakukannya.

"Kami meminta para ahli migas dari 5 Perguruan Tinggi (ITB, UGM, Unpad, Trisakti, UPN) yang selama 10 tahun terakhir ini (2005-2015) mendapatkan privilege untuk mewakili pemerintah Joint Study dengan perusahaan-perusahaan migas untuk mempresentasikan summary dari pengalaman melakukan analisa dan sintesa daerah-daerah seluruh Indonesia yang pernah dikerjakan,"pungkasnya. AR

IP Week 2016 : Ini Terobosan Dalam Menaikan Gairah Eksplorasi Migas IP Week 2016 : Ini Terobosan Dalam Menaikan Gairah Eksplorasi Migas Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Februari 25, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.