Peluang Terbuka untuk Pembangunan Pipa Gas

Jakarta, O&G Indonesia-- Pemerintah tengah menggodok aturan main perusahaan swasta untuk mendapat alokasi pembangunan jaringan pipa gas bumi. Banyak kesempatan yang diberikan kepada pihak swasta untuk pembangunan infrastruktur ini. Apa syarat yang harus dipenuhi?

"Perusahaan swasta asing (yang ingin membangun jaringan pipa dan alokasi gas) harus berbendera Indonesia," kata IGN Wiratmaja Puja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada O&G Indonesia, Rabu (9/12/2015).

Kementerian ESDM tidak menutup kesempatan bagi perusahaan swasta yang ingin membangun jaringan pipa gas bumi di Indonesia. Wiratmaja menekankan syaratnya harus bekerja sama dengan perusahaan Indonesia baik BUMN, BUMD maupun swasta. 

"Perusahaan yang dapat alokasi gas wajib ber-PT Indonesia. Kerja sama dengan asing boleh saja. Misalnya membangun pipe line yang sangat panjang perlu modal dan ajak kerja sama asing boleh saja," jelas Wiratmaja. 

Kementerian ESDM, kata Wiratmaja ingin mengutamakan kepentingan perusahaan nasional ketimbang asing. 

"Nanti dievaluasi mana yang paling pas. Yang jelas untuk kepentingan Indonesia dulu," pungkasnya. 

Peluang Terbuka untuk Pembangunan Pipa Gas Peluang Terbuka untuk Pembangunan Pipa Gas Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Desember 10, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.