Madura Curhatkan Gas 'Numpang Lewat'

Jakarta, O&G Indonesia-- Kondisi ironi yang dialami pulau Madura, pulau yang dikelilingi proyek pengeboran ladang-ladang gas bumi ini tak ikut merasakan hasil gas-nya, gas yang dihasilkan hanya 'numpang lewat', pasalnya gas yang ada, langsung dikirimkan ke daerah lain seperti Gresik, Jawa Timur. Mengapa?

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mendapat curhatan tersebut langsung dari dua bupati dari Pulau Madura, yang berkunjung ke kantornya pekan lalu.

"Seminggu lalu Bupati Sumenep dan Sampang datang ke kantor saya. Madura dikelilingi eksplorasi gas tapi pipa-pipanya nggak ada yang mampir. Semua ke Gresik atau ke Jatim," ungkap Wiratmaja, ditemui usai acara Luncheon Talk, di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Wiratmaja tidak menampik bahwa gas-gas yang dihasilkan di Pulau Madura belum dinikmati warga Madura. "Di ruangan saya ada peta sebaran titik-titik gas mengelilingi Pulau Madura, tapi belum ada jaringan pipa gas di pulau itu," imbuh Wiratmaja.

Ia mengatakan, pemerintah menargetkan sampai tahun 2019 pemerintah akan membangun jaringan pipa gas hingga sepanjang 6.700 km. Target tersebut pun bukan tanpa tantangan.

"Sampai 2019 targetnya jaringan pipa bertambah dari 3.600 km jadi 6.700 km. Tantangan luar biasa. Infrastruktur gas bumi yang existing banyak yang belum nyambung di Jawa," ujarnya.

Pejabat kelahiran Bali ini pun mengeluhkan hal yang sama mengenai jaringan pipa gas yang belum tersambung sama sekali. "Butuh investor, termasuk di Bali. Saya dari Bali tapi masa belum tersambung jaringan pipa gas. Sumatera juga belum tersambung," tuturnya.
Madura Curhatkan Gas 'Numpang Lewat' Madura Curhatkan Gas 'Numpang Lewat' Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Desember 09, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.