Pengoperasian Kembali Kilang TPPI Bisa Perkuat Rupiah

Sudirman Said, Menteri ESDM
Jakarta, O&G Indonesia -- Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan pengambilalihan dan pengoperasian kembali kilang PT Trans Pacific Petroleum Indotama (TPPI) merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam penguatan tata kelola migas secara menyeluruh.

"Peresmian beroperasinya TPPI oleh Pertamina merupakaan tahapan dan pencapaian penting bagi penataan industri migas dan peningkatan efisiensi dan ketahanan energi nasional," kata Sudirman Said di Jakarta, Rabu (11/11).

Kilang Trans Pacific Petroleum Indotama (TPPI) dibangun pada tahun 1995, dan merupakan salah satu kilang terbaik di Indonesia saat ini baik dari sisi teknologi maupun tingkat efisiensi. "Dengan beroperasinya TPPI akan mengurangi impor BBM 30 persen ketika nantinya beroperasi dengan kapasitas penuh," jelas Sudirman.

Dipaparkan olehnya, dengan beroperasinya TPPI juga akan menyerap kondensat yang dihasilkan oleh lapangan-lapangan minyak yang ada di Indonesia. "Hal ini tentunya dapat mengurangi ketergantungan pada impor minyak mentah karena ada tambahan minyak mentah yang diolah dalam negeri," ujarnya.

Ditambahkan Sudirman, secara ekonomi makro, penurunan impor BBM dan penggunaan minyak mentah untuk diolah sendiri akan berkontribusi pada penguatan nilai tukar rupiah. "Hal ini karena kebutuhan mata uang dollar untuk membayar impor BBM berkurang secara signifikan," tegasnya.

Keputusan pemerintah untuk mengambil alih TPPI secara korporasi merupakan solusi permanen setelah 15 tahun mengalami ketidakpastian. Berbagai masalah menerpa TPPI selama ini, mulai dari ketidakjelasan struktur kepemilikan, situasi keuangan, kepastian pasokan bahan baku dan pemasaran hasil olahan. Akibatnya, kilang TPPI selama 2 tahun terakhir terpaksa harus berhenti beroperasi.

"Keputusan pemerintah untuk melakukan pengambilalihan dan pengoperasian oleh Pertamina merupakan bagian dari penguatan tata kelola migas secara menyeluruh, yang antara lain mencakup likuidasi dan audit Petral, mendorong para K3S mengolah minyak mentah bagiannya di dalam negeri, dan membangun sarana penyimpanan dan kilang-kilang pengolahan," pungkasnya. RH
Pengoperasian Kembali Kilang TPPI Bisa Perkuat Rupiah Pengoperasian Kembali Kilang TPPI Bisa Perkuat Rupiah Reviewed by OG Indonesia on Rabu, November 11, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.