Ini Wajah Komisaris Utama Baru PLN

Kuntoro Mangkusubroto
Jakarta, O&G Indonesia-- Kuntoro Mangkusubroto  dilantik sebagai Komisaris Utama PT Perusahaan Listrik Negara dalam rapat umum pemegang saham yang digelar di Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Kendati demikian, penetapan ini sempat terlambat sejak Presiden Joko Widodo memanggil mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan ini Selasa, 13 Oktober lalu. Pelantikan Kuntoro juga disalip oleh empat direksi PLN yang lebih dulu digelar pada Jumat, 30 Oktober 2015.


Menurut Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah tidak ada kesengajaan dalam proses ini. "Proses yang berlangsung lebih dulu adalah pemilihan direksi," ujar Edwin, Selasa (11/10).

Edwin mengatakan proses penetapan struktur organisasi direksi PLN sudah dilakukan sejak Agustus. Mulai bulan tersebut, Ia telah meminta direktur utama dan dewan komisaris untuk mengajukan nama-nama direksi dan menyeleksi para calon.

Ia memaparkan, di PLN ada 110 eselon satu, rinciannya dari general manager sampai kepala divisi termasuk direktur utama dan jajaran direksi. Untuk itu proses penyeleksian tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Dari tahap penilaian eksternal di lembaga manajemen, semua calon itu lulus. Baru dilakukan fit and proper test oleh Deputi BUMN yang hasilnya dikonsultasikan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno.
Ini Wajah Komisaris Utama Baru PLN Ini Wajah Komisaris Utama Baru PLN Reviewed by OG Indonesia on Selasa, November 10, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.