Saka Energi Perkirakan Temukan 300 Juta Barel Minyak di Blok Pangkah

Tumbur Parlindungan,
Direktur Operasi Saka Energi Indonesia. 

(Foto: Ridwan Harahap)
Jakarta, O&G Indonesia -- Saka Energi Indonesia, anak perusahaan PGN di bidang hulu migas baru saja menemukan minyak di Lapangan Sidayu di Blok Pangkah, Lepas Pantai Utara Jawa Timur di mana Saka Energi memiliki 100% participating interest dan menjadi operator di blok tersebut. 

"Diperkirakan ada 300 juta barel (minyak), tapi kita harus buktikan lagi beberapa pengeboran lagi untuk membuktikan segitu. Mungkin lebih besar, mungkin lebih kecil," terang Tumbur Parlindungan, Direktur Operasi Saka Energi Indonesia tentang cadangan sumberdaya migas di blok tersebut di Jakarta, Kamis, (08/10).


Yang terbaru, Saka Energi telah menemukan cadangan baru di Lapangan Sidayu. Penemuan cadangan baru tersebut merupakan hasil pengeboran sumur eksplorasi Sidayu-3, Pangkah PSC pada 17 Juli 2015 dengan menggunakan COSL rig. Pada saat pengeboran dilakukan uji kandung lapisan pertama (DST-1) lapisan Ngimbang Karbonat dan menghasilkan minyak. 

Uji kandung lapisan kedua (DST-2) reservoir Kujung-III menghasilkan gas dan uji kandung lapisan ketiga (DST-3) pada lapisan Kujung-1 menghasilkan minyak. Sedangkan lapisan Kujung-I di sumur eksplorasi pertama Sidayu-1 yang dibor pada tahun 2001 terbukti menghasilkan minyak.

Hasil uji produksi tersebut membuka peluang lebih besar keberadaan migas pada lapisan Ngimbang Karbonat yang membentang dari Prospek Ronggolawe di timur laut sampai Prospek Tambakboyo di barat Sidayu meliputi wilayah sekitar 10.000 hektar. 

"Prospek dari lapangan ini kalau kita melakukan eksplorasi terus, another Cepu is possible di sini," ungkap Tumbur. "Mudah-mudahan dalam 2-3 tahun kita kita bisa produksi dari lapangan ini," tutupnya. RH
Saka Energi Perkirakan Temukan 300 Juta Barel Minyak di Blok Pangkah Saka Energi Perkirakan Temukan 300 Juta Barel Minyak di Blok Pangkah Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Oktober 09, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.