Kuartal Ketiga 2015, Produksi Migas Pertamina Terus Meningkat

Syamsu Alam, Direktur Hulu Pertamina (kiri) dan
Dwi Soetjipto, Direktur Utama Pertamina (kanan).
Foto: Ridwan Harahap
Jakarta, O&G Indonesia -- Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetijpto mengatakan kinerja hulu Pertamina pada kuartal III 2015 cukup bagus karena disokong oleh anggaran dana yang besar.

"Seriusnya kita mengembangkan upstream, dari dana US$ 2,5 miliar, sekitar US$ I,9 miliar untuk upstream," kata Dwi Soetjipto tentang realisasi investasi hulu Pertamina pada kuartal III 2015 ini dalam konferensi pers Kinerja Kuartal III Pertamina di kantor pusat Pertamina Jakarta, Kamis (22/10).

Sementara itu, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam mengatakan pencapaian produksi migas Pertamina sampai kuartal III tahun 2015 menunjukkan tren yang bagus. "Produksinya meningkat terus, untuk minyak produksinya 282 ribu barrel oil per day. Untuk produksi gas juga cukup signifikan meningkat, sekitar 1,98 BCF (miliar kaki kubik) per day," terang Syamsu.

Sebagai perbandingan, pencapaian produksi minyak Pertamina pada kuartal III tahun 2014 sebesar 221,10 ribu barel per hari. Sedangkan untuk produksi gas pada kuartal III 2014 sebesar 1,54 BCF.

Sementara untuk kegiatan eksplorasi migas, ditambahkan oleh Syamsu Alam, dari rencana pengeboran 39 sumur eksplorasi, sampai bulan September Pertamina telah merealisasikan 25 sumur eksplorasi. 

Sampai kuartal ketiga 2015 ini, Pertamina juga berhasil meraih kinerja positif dalam menemukan sumber daya migas. Berdasarkan data Pertamina, sampai akhir September 2015 Pertamina berhasil meningkatkan cadangan minyaknya sebanyak 18,33 juta barel, alias sudah 52% dari target penemuan cadangan minyak tahun ini yang sebesar 12,01 juta barel.

"Sedangkan gas, pencapaian kita sangat jauh dari target yang kita harapkan. Awalnya sekitar 12 BCF proven reserve yang bisa kita peroleh. Saat ini kita sudah mencapai 161 BCF," bangga Syamsu. RH

Kuartal Ketiga 2015, Produksi Migas Pertamina Terus Meningkat Kuartal Ketiga 2015, Produksi Migas Pertamina Terus Meningkat Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Oktober 22, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.