Dahlan Iskan : Atasi Krisis, Saatnya Direksi Turun ke Lapangan

Jakarta, O&G Indonesia-- Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskhan memberikan tips bagi para pengusaha untuk bisa melewati krisis ekonomi yang melanda. Salah satunya, konsolidasi internal serta menggali informasi dengan para manager di lapangan.


Menurut Dahlan, menggali informasi dengan manager di lapangan, seorang pemimpin perusahaan bisa mendapatkan ide dan solusi. Sebab manager dilapangan lebih mengetahui kesulitan dan persaingan yang ada.

"Kita punya manajer di daerah sebagai garda terdepan, kita buka saja keadaan ekonomi ini seperti apa, dan keadaan perusahaan seperti apa. Kita buka di internal kita, itu akan ada banyak sekali ide yang datang dari bawah yang tau persis lapangan seperti apa," ungkap Dahlan di Popular Mansion Menara Global, Jakarta Selatan, Rabu (7/10).

Dalam keadaan sulit seperti ini, lanjut dia, direksi seharusnya tidak semena-mena memutuskan sebuah kebijakan perusahaan hanya berdasarkan teori. Sebab, praktek dilapangan sangat berbeda dengan teori yang dipelajari.

"Ini saatnya Direksi tidak usah merasa minder, merasa punya kekuasaan, tidak usah menjaga jarak. Lebih baik Direksi turun kelapangan atau muncul dengan orang-orang dilapangan. Mendengarkan suara mereka," sambung Dahlan.

Dia menambahkan, konsolidasi internal dengan menggali informasi dari bawah pada dasarnya merupakan sarana dalam membina tim dan  membina karyawan agar tidak patah semangat, tidak mendengarkan suara-suara yang selalu pesimistis dan tidak terpengaruh lingkungan.

"Seseorang yang pendapatnya didengar oleh direksi, itu dampaknya bermacam-macam. Pertama saluran komunikasi lancar, kedua ada ide-ide untuk kemajuan perusahaan bisa muncul dan ketiga mereka sendiri akan merasa, sudah saatnya berjuang dengan keras lagi untuk perusahaan," tutup Dahlan.
Dahlan Iskan : Atasi Krisis, Saatnya Direksi Turun ke Lapangan Dahlan Iskan : Atasi Krisis, Saatnya Direksi Turun ke Lapangan Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Oktober 08, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.