Pembukaan IIMS 2015, Wapres Bahas Tolok Ukur Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, O&G Indonesia-- Gelaran otomotif bergensi kembali semarakan pecinta kendaraan Roda empat dan Roda dua di Indonesia, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2015 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Rabu (19/8/2015).
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan penjualan mobil bisa menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. Namun untuk saat ini, Indonesia belum bisa menjadikan penjualan mobil sebagai tolok ukur.

Karena menurutnya, Indonesia masih menjadikan kebutuhan pangan sebagai tolok ukur pertumbuhan ekonomi. Hanya saja, dirinya tak menampik saat ini mobil perlahan menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

"Ke depannya mobil bisa menjadi tolok ukur pertumbuhan ekonomi. Karena mobil sudah menjadi kebutuhan yang mendasar,” kata JK saat membuka Pameran IIMS 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

JK mencontohkan di Amerika Serikat penjualan rumah dan mobil menjadi tolok ukur untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi di negara maju tersebut. Menurutnya, jika penjualan mobil meningkat menandakan pertumbuhan ekonomi di sebuah negara meningkat.

"Dalam kondisi ekonomi normal, pameran mobil memang penting. Tetapi dalam kondisi ekonomi melemah seperti saat ini, pameran lebih penting lagi karena masyarakat butuh upaya yang lebih banyak lagi (untuk beli mobil), bahkan besok pun ada pameran otomotif juga (Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2015.red),"pungkas JK dengan gaya khas candanya.

Lanjut JK, mengapa mobil bisa menjadi kebutuhan dasar, khususnya bagi masyarakat Jakarta. Sebagian besar masyarakat Jakarta memiliki mobil lebih dari satu. Sebab, satu mobil dirasa tak cukup. Karena permintaan ini tentu dibutuhkan variasi yang cukup banyak dari produsen mobil.

Sebagai gambaran JK mengatakan, 20 tahun lalu, pemudik rata-rata menggunakan kereta api. Penumpukan penumpang terlihat di stasiun, anak-anak di masukkan melalui jendela kereta api. Dua tahun lalu, pemandangan berbeda terlihat, kesibukan didominasi sepeda motor. "Tahun ini berubah, yang ada adalah kemacetan mobil. Artinya memang terjadi pergeseran kemampuan, pendapatan yang menyebabkan kebutuhan akan mobil jadi kebutuhan dasar, sehingga wajar industri mobil kini menjadi industri penting untuk memajukan bangsa," ujarnya. (MB09)
Pembukaan IIMS 2015, Wapres Bahas Tolok Ukur Pertumbuhan Ekonomi Pembukaan IIMS 2015, Wapres Bahas Tolok Ukur Pertumbuhan Ekonomi Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Agustus 19, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.