Caterpillar dan Sewatama Lirik Pembangkit Listrik Hybrid

Jakarta, O&G Indonesia -– Caterpillar Inc. dan PT Sumberdaya Sewatama pada Kamis (20/08) mengumumkan bahwa kedua perusahaan siap percepat keberadaan listrik di berbagai penjuru tanah air, melalui terobosan teknologi handal bernama pembangkit listrik hybrid renewable. 


Rob Schueffner, Microgrid Comercial Manager Electric Power Division Caterpillar Inc. mengatakan terobosan terbaru tersebut ditujukan untuk memberikan berbagai manfaat dari penghematan bahan bakar, penciptaan pembangkitan listrik ramah lingkungan yang sekaligus menjamin kestabilan pasokan. "Pulau terluar dan terdalam di seluruh penjuru di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi ini. Pembangunan dan penyambungannya pun dapat dilaksanakan dengan cepat, tidak seperti pembangkit listrik berbahan bakar batubara atau air,” katanya di Jakarta, Kamis (20/8).

Sementara itu Edi Prayitno Hirsam, Chief Growth Officer PT Sumberdaya Sewatama, mengatakan bahwa teknologi hybrid bisa menekan ongkos operasional terutama dalam pemakaian bahan bakar baik gas maupun diesel. “Sehingga pemerintah tidak terus terbebani dengan kebutuhan bahan bakar untuk pembangkit listrik. Hal ini sejalan dengan apa yang dicanangkan pemerintah,” paparnya.
  
Sebagai perusahaan ketenagalistrikan yang sudah berdiri sejak 23 tahun, bagi Sewatama dengan adanya teknologi ini bisa mempercepat pemenuhan kebutuhan listrik di daerah yang selama ini masih sulit mendapatkan pasokan lantaran ketergantungan dengan energi fosil. “Pemakaian solar panel (PV) di Indonesia itu tepat. Sebagai negara tropis, sinar matahari bisa terus ada sepanjang hari. Sehingga teknologi yang menggabungkan mesin konvensional dengan tenaga matahari seperti ini bisa sangat efisien,” papar Edi lagi.

Dalam hitungan Caterpillar, pemakaian teknologi hybrid untuk membangkitkan listrik sebesar 2 GW, tak hanya bisa mengurangi biaya pemakaian bahan bakar, tetapi juga bisa mereduksi produksi karbon hingga setara dengan karbon yang dihasilkan oleh 750.437 mobil. Karena itu, Sewatama dalam rencana ke depannya sudah mulai bersiap untuk mengimplementasikan pemakaian teknologi ini dengan tujuan membantu pemerintah mempercepat program pengadaan listrik 35.000 MW. 

Saat ini, Sewatama sudah mengembangkan sejumlah proyek pembangkit listrik dari bermacam energi. Baik energi fosil maupun energi terbarukan seperti pembangkit listrik minihidro, pembangkit listrik biogas dan pengembangan tenaga angin. “Kami sudah menggunakan beberapa alternatif energi untuk pembangkitan listrik, mulai batubara, air, biomass, angin dan berikutnya, teknologi hybrid ini yang memanfaatkan tenaga surya dan tenaga diesel,” ujar Edi.

Jika segera terwujud, Sewatama akan menjadi perusahaan ketenagalistrikan pertama yang memakai teknologi hybrid untuk pembangkit listrik di Indonesia. Kendati demikian, untuk mengimplementasikan teknologi ini, diperlukan sejumlah syarat yang harus terpenuhi. Paling tidak, untuk penempatan panel surya membutuhkan lahan yang luas. "Sehingga perlu dukungan dari berbagai kalangan termasuk pemerintah pusat maupun daerah agar persoalan lahan tidak menjadi kendala," harap Edi. RH


Caterpillar dan Sewatama Lirik Pembangkit Listrik Hybrid Caterpillar dan Sewatama Lirik Pembangkit Listrik Hybrid Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Agustus 21, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.