Ini Daftar WK Migas 2015 yang Baru Ditandatangani


Jakarta, O&G Indonesia -- Dalam event The 39th IPA Convex 2015 di JCC Senayan, Jakarta pada hari ini, Jumat, (22/5), dilakukan penandatanganan 12 Kontrak Kerja Sama Bidang Migas yang terdiri dari penandatanganan 8 Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional dan 4 Kontrak Kerja Sama Wilayah Kerja Migas Non Konvensional (WK MNK).


Investasi dari delapan WK Migas Konvensional untuk tiga tahun pertama masa eksplorasi adalah sebesar US$ 7.995.000 untuk kegiatan G&G Study (termasuk reprocessing data seismic 3D). Lalu untuk kegiatan survey seismik 2D sepanjang 3.450 km senilai US$ 12.230.000, dan untuk pemboran lima sumur eksplorasi senilai US$ 86 juta. Menjadikan total investasi Komitmen Pasti menjadi US$ 107.225.000. Sementara Bonus Tandatangan (Signature Bonus) yang akan diterima langsung oleh Pemerintah dari penandatanganan Blok WK Migas Konvensional sebesar US$ 9 juta.

Disampaikan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, dalam WK Migas yang baru ditandatangani berdasar kajian dari Badan Geologi dan Lemigas diperkirakan menyimpan potensi hidrokarbon yang cukup besar. “Nanti saat eksplorasi akan diketahui lebih lanjut jumlah dan jenisnya seperti apa,” terang Wiratmaja.

Berikut daftar WK Migas Konvensional yang ditandatangani:
1. WK Kualakurun di Onshore Kalimantan Tengah (Konsorsium Conocophillips Kalimantan Exploration Ltd. – PC Kualakurun Ltd)
2. WK Garung di Onshore Kalimantan Tengah (Mentari Garung Energy Ltd)
3. WK Offshore Pulau Moa Selatan di Offshore Maluku (Shell Pulau Moa Pte. Ltd)
4. WK Southeast Papua di Onshore Papua (Konsorsium Sepapua Energy Pte. Ltd – Kau 2 Pte. Ltd)
5. WK Abar di Offshore Utara Jawa Barat (PT. Pertamina Hulu Energi Abar)
6. WK Anggursi di Offshore Utara Jawa Barat (PT. Pertamina Hulu Energi Anggursi)
7. WK North Madura II di Offshore Jawa Timur (PC North Madura II Ltd)
8. WK Aru Trough I di Offshore Aru (Statoil Indonesia Aru Trough I B.V)

Selain WK Migas Konvensional, terdapat empat penandatanganan Kontrak Kerja Sama untuk WK Migas Non Konvensional. Investasi dari empat WK MNK untuk tiga tahun pertama masa eksplorasi adalah sebesar US$ 1.665.000 untuk G&G Study (termasuk reprocessing data seismic 2D). Lalu untuk kegiatan survey seismik 2D sepanjang 500 km senilai US$ 5.825.000, dan untuk pemboran empat sumur eksplorasi senilai US$ 41.100.000. Sehingga total investasi Komitmen Pasti menjadi US$ 48.590.000, dengan Bonus Tandatangan (Signature Bonus) yang akan diterima langsung oleh Pemerintah dari penandatanganan Blok WK MNK sebesar US$ 4 juta.

Berikut daftar WK Migas Non Konvensional yang ditandatangani:
1. MNK Kisaran di Riau-Sumatera Utara (Konsorsium Pacific Oil & Gas (MNK Kisaran) Limited – Bukit Energy Resources Barumun Pte. Ltd. – NZOG MNK Kisaran PTY  Limited)
2. MNK Sakakemang di Sumatera Selatan (Konsorsium Bukit Energy Resources Sakakemang Deep Pte. Ltd. – PT. Pertamina Hulu Energi MNK Sakakemang)
3. MNK Selat Panjang di Riau (Petroselat NC Ltd)
4. MNK Palmerah di Sumatera Selatan (Konsorsium Bukit Energy Resources Palmerah Deep Pte. Ltd.– NZOG MNK Palmerah Pty. Limited – PT. Surya Selaras Sejahtera MNK Palm) RH
Ini Daftar WK Migas 2015 yang Baru Ditandatangani Ini Daftar WK Migas 2015 yang Baru Ditandatangani Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Mei 22, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.