Aksi Pekerja SKK Migas, Serukan Anti KorupsiAnt

Jakarta, O&G Indonesia – Pekerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendeklarasikan Gerakan Moral Pekerja SKK Migas Anti Korupsi dan Anti Suap dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2015. Di saat yang bersamaan, produksi minyak nasional telah berhasil menembus angka 800.000 barel per hari.
Gerakan Pekerja SKK Migas anti korupsi dan anti suap ini diinisiasi oleh sejumlah pekerja SKK Migas yang terketuk nuraninya dengan kondisi carut marutnya industri hulu migas, penyelidikan kasus korupsi migas serta  maraknya pemberitaan menyangkut mafia migas belakangan ini.

“Hari Kebangkitan Nasional kami jadikan momentum perubahan. Gerakan kami sejalan dengan tuntutan masyarakat maupun tuntutan perubahan zaman dimana pengelolaan industri hulu migas harus lepas dari dari korupsi dan suap. Walaupun secara sistem kami sudah ada Whistle Blower System tapi sepertinya itu belum cukup,” ujar Yapit Saptaputra, Kordinator Gerakan Pekerja SKK Migas Anti Korupsi dan Anti Suap di Jakarta, Rabu, 20 Mei, 2015.

Dia menegaskan bahwa pekerja SKK Miga menginginkan agar lembaga SKK Migas bebas dari intervensi kepentingan apapun dan bekerja berdasarkan kaidah keteknikan, good practice engineering, dan profesionalisme serta aturan dan perundangan yang berlaku.

“Fakta di persidangan kita bisa lihat bahwa praktek korupsi dan suap yang terjadi di SKK Miga sebagai intervensi dari luar. Pekerja SKK Migas berkomitmen untuk anti korupsi dan anti suap serta meminta perlindungan hukum baik kepada Komisi Pemberantasan Korupsi, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung maupun Kementrian ESDM atas pekerjaannya jika menolak perintah atasan yang diduga bertentangan dengan hukum dan atau memiliki kepentingan tertentu akibat intervensi dari pihak luar,” katanya.

Pekerja SKK migas mendukung setiap tindakan hukum oleh penegak hukum baik Komisi Pemberantasan Korupsi, Polri maupun Kejaksaan Agung jika ada pelanggaran hukum yang dilakukan oknum tertentu sesuai koridor hukum di Indonesia.

Dengan fokus pada pekerjaannya mengelola kekayaan alam berupa minyak dan gas bumi untuk kesejahteraan rakyat Indonesia tanpa diganggu masalah korupsi, pekerja SKK Migas yakin bahwa produksi minyak dan gas bumi nasional bisa ditingkatkan dan tetap berkesinambungan. “Pekerja SKK Migas Anti Korupsi dan Anti Suap menolak berbagai intervensi yang akan menodai independensi dalam bekerja yang kerap datang dari pemangku kepentingan,”.
Aksi Pekerja SKK Migas, Serukan Anti KorupsiAnt Aksi Pekerja SKK Migas, Serukan Anti KorupsiAnt Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Mei 20, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.