PLTN untuk Perkuat Infrastruktur Listrik

Jakarta, O&G Indonesia -- Badan Tenaga Nuklir (BATAN) menekankan bahwa tekonologi nuklir untuk pembangkit listrik merupakan salah satu alternatif energi yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat infrastuktur listrik di Indonesia.

Disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama BATAN, Totti Tjiptosumirat bahwa Jepang sendiri yang pasca tragedi Fukishima telah menghentikan kegiatan operasi 48 PLTN-nya ternyata akan segera mengoperasikan dua PLTN-nya yaitu Sendai 1 dan Sendai 2 pada September 2015 yang akan datang.

Totti mengingatkan bahwa mengembangkan energi nuklir dengan standarisasi teknologi nuklir yang lebih tinggi bisa dipilih mengingat faktor efisiensi biayanya yang cukup signifikan ditambah multiplier effect-nya yang bisa meningkatkan ekonomi negara. Ia mencontohkan Jepang yang pasca kejadian Fukushima melakukan reevaluasi untuk menghentikan semua operasi PLTN-nya tapi kemudian mengalami peningkatan biaya untuk energi listrik yang disubstitusi dari energi lain di luar nuklir sebesar 3,7 trilyun Yen per tahun. “Jadi sekitar Rp 400 trilyun rupiah per tahun, sejak tahun 2011 yang lalu,” ungkap Totti di Gedung Badiklat ESDM Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diperkuat Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Tumiran yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia belum bisa kuat dengan kondisi infrastuktur listrik yang minim seperti sekarang ini. “Enggak ada pilihan, kita harus percepat (pembangunan infrastrukturnya),” terang Tumiran. Dari kondisi tersebut Tumiran menjelaskan bahwa Indonesia sebetulnya butuh listrik dengan kapasitas yang besar serta handal untuk keperluan industri. “Yang bisa mem-back up itu adalah pembangkit listrik berbahan bakar batubara, gas, hidro, panasbumi dan tentunya nuklir,” jelasnya.

Diterangkan Tumiran investasi untuk pembangunan sebuah PLTN dengan kapasitas 1.000 MW bisa menelan biaya Rp 40-60 trilyun. “Tapi itu umurnya bisa sampai 80 tahun,” tegasnya. “Ini merupakan suatu pilihan buat kita sebagai bangsa, mau apa enggak? Apakah kita mau terus tertatih-tatih kekurangan energi?” tutup Tumiran. RH





PLTN untuk Perkuat Infrastruktur Listrik PLTN untuk Perkuat Infrastruktur Listrik Reviewed by OG Indonesia on Jumat, April 17, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.