Medco Energi Targetkan Proyek Senoro Upstream dan DSLNG Beroperasi Awal Mei 2015

Jakarta, O&G Indonesia -- PT Medco Energi Internasional Tbk menargetkan proyek Senoro Upstream dan Donggi Senoro LNG (DSLNG) siap beroperasi pada triwulan kedua tahun 2015. Kedua proyek jangka panjang tersebut menjadi fokus utama Medco Energi pada tahun ini.

Diterangkan oleh Direktur Utama dan CEO Medco Energi Lukman Mahfoedz selepas acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Medco Energi di The Energy Building, Jakarta, Senin (20/4/2015), dua proyek tersebut merupakan proyek paling utama saat ini yang diharapkan bisa membantu kinerja perseroan ke depannya. “Keduanya siap beroperasi mulai pertengahan 2015 dan akan memberikan kontribusi signifikan atas pendapatan Medco Energi selama puluhan tahun ke depan,” terang Lukman.

Saat ini proyek Senoro Upstream telah mencapai 98% di mana pengeboran 13 sumur telah selesai dilakukan, dan saat ini fasilitas CPP (Central Processing Plant) telah memasuki tahapan pre commissioning atau uji coba pengaliran gas dari sumur. “Mudah-mudahan Senoro Upstream pada tanggal 1 Mei mendatang sudah bisa commission train 1 dengan kapasitas 150 MMSCFD dan sudah bisa masukkan gas ke Donggi Senoro LNG,” jelas Lukman. Total kapasitas maksimum gas yang akan disalurkan dari Senoro Upstream sebesar 310 MMSCFD.

Sementara untuk proyek DSLNG sudah selesai proses EPC sampai 100% sejak Desember 2014. Proyek LNG ini mendapat bantuan pinjaman dari The Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebesar US$1,5 milyar. “Ini adalah proyek LNG pertama yang dikerjakan oleh non-IOC, bukan oleh IOC yang besar seperti Chevron, Total, BP, dan lain sebagainya,” tuturnya. Ditambahkan Lukman bahwa DSLNG tinggal menunggu gas dari Senoro Upstream pada awal Mei 2015. Direncanakan pasokan gas dari Senoro Upstream ke DSLNG akan berlangsung sampai tahun 2027.


Dari kedua proyek utama Medco Energi tersebut, Lukman Mahfoedz berharap dapat memberi manfaat bagi para pemegang saham dan pemerintah Indonesia. Kontribusi Medco Energi dari bagi hasil Migas dan pajak ke pemerintah di tahun 2014 dan 2013 berturut-turut adalah sebesar US$680 juta dan US$868 juta. Selama 14 tahun terakhir, total kontribusi Medco Energi ke Pemerintah adalah sebesar US$11,8 milyar. RH
Medco Energi Targetkan Proyek Senoro Upstream dan DSLNG Beroperasi Awal Mei 2015 Medco Energi Targetkan Proyek Senoro Upstream dan DSLNG Beroperasi Awal Mei 2015  Reviewed by OG Indonesia on Senin, April 20, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.