Charger Ponsel Sepatu Karya Inovatif Mahasiswa



Jakarta, O&G Indonesia -- Dua mahasiswa dari Universitas Atma Jaya yaitu Hodik Chaiyadi dan Michele Gracia rupanya menangkap ide dari mobilitas warga Jakarta yang super sibuk. Karena itu lahirlah sepatu pintar yang berfungsi sebagai charger smartphone atau HP.



Kreasi dari Hodik Chaiyadi dan Michele Gracia yang tergabung dalam Tim Midak Midik ini diganjar dengan raihan Juara Pertama dari event Go Green in the City 2015 yang diadakan oleh Schneider Electric. Dalam kompetisi global untuk mahasiswa yang berfokus pada solusi energi inovatif untuk mewujudkan smart cities ini Tim Midak Midik menyisihkan semua pesaingnya, sekitar 188 tim dari berbagai kampus di Indonesia.

Tim Midak Midik ingin menciptakan perangkat pintar yang bisa memanfaatkan mobilitas dari aktivitas sehari-hari, terutama saat berjalan-jalan. Dengan ide “Walk for Jakarta!” melalui produk sepatu yang diberi nama Powersteps, Tim Midak Midik merancang sepatu yang mampu mengubah energi mekanik dari kegiatan berjalan sehari-hari pemakainya menjadi energi listrik. Setelah diubah menjadi energi listrik bisa dianfaatkan untuk konsumsi listrik sehari-hari yaitu untuk mengisi daya telepon selular. "Mobilitas orang Jakarta tinggi banget. Jadi kita pilih sepatu sebagai alat yang tepat agar energi gerak orang-orang tidak terbuang percuma," jelas Hodik Chaiyadi saat acara pengumuman juara Go Green in the City 2015 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dari riset Tim Midak Midik diperkirakan dari setiap 7.000 langkah yang ditempuh sesorang dapat mengumpulkan energi listrik yang dapat mengisi ulang sekitar 50 persen baterai dari sebuah smartphone. "Kami rancang di alas kaki ada silicone bag. Sehingga ketika kita berjalan akan menekan silicone bag keluar fluida, lalu ada induksi listrik yang disimpan di power pack," jelasnya. Fungsi power pack di sini serupa dengan power bank yang dapat digunakan untuk mengecas ponsel pintar.

Dengan keberhasilannya meraih Juara Pertama di event Go Green in the City, tim Midak Midik dari Universitas Atma Jaya memperoleh hadiah uang tunai Rp 30 juta. Tim Midak Midik juga berkesempatan bertanding di tingkat East Asia Regional. Nantinya dua belas tim terbaik dari seluruh dunia pada akhirnya akan diberangkatkan ke Paris, Perancis pada tanggal 22 hingga 25 Juni 2015 untuk berkompetisi di tahap final Go Green in the City 2015. RH



Charger Ponsel Sepatu Karya Inovatif Mahasiswa Charger Ponsel Sepatu Karya Inovatif Mahasiswa Reviewed by OG Indonesia on Kamis, April 16, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.