ABB Dukung Pengembangan Microgrid di Indonesia


Jakarta, O&G Indonesia – ABB, salah satu pemain terdepan dalam teknologi energi dan otomatisasi di dunia mendukung pengembangan microgrid di Indonesia. Dengan jaringan transmisi mini yang terdesentralisasi dari sistem interkoneksi listrik nasional maka akan lebih meningkatkan rasio elektrifikasi di daerah-daerah pelosok.


Dikatakan oleh Johan de Villiers, Managing Director ABB South East Asia dalam diskusi bertajuk “Making the impossible possible: Is future energy the key?” di Jakarta (21/4), bahwa dengan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan yang terpisah-pisah maka setiap pulau-pulau terpencil harus bisa mandiri untuk mendapatkan listrik tanpa tergantung pada jaringan nasional. “Ini bisa menggunakan sumber-sumber dari yang mereka miliki seperti angin, matahari dan lain-lain,” jelasnya.

Johan meyakinkan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu pusat energi terbarukan di kawasan Asia dengan potensi yang dimilikinya. Hal ini seiring dengan kian meningkatnya kebutuhan energi global yang diproyeksikan akan meningkat sebelas kali lipat pada tahun 2030. ”Untuk negara berkembang seperti Indonesia, kebutuhan terhadap energi kian melonjak. Ketergantungan pada minyak dan gas akan berdampak pada masalah kelangkaan energi dan msalah lingkungan. Namun ABB tetap optimis Indonesia akan menjadi salah satu pusat energi terbarukan di Asia,” paparnya.

Di Indonesia, ABB telah membangun kerjasama dengan PLN dalam mendayagunakan sumber energi terbarukan untuk memasok listrik bagi masyarakat di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Terletak di ketinggian 3.000 kaki di atas permukaan laut di wilayah Pegunungan Tengah Papua, PLN membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya tertinggi di dunia, off-grid dengan 1.280 modul surya yang mampu menghasilkan 300 KW tenaga listrik.


“Kontribusi ABB dalam proyek ini adalah dalam hal penyediaan sistem penyimpanan energi (ESS),” terang Johan. Dengan ESS, kelebihan listrik yang dihasilkan setiap harinya akan disimpan untuk selanjutnya dapat didistribusikan pada malam hari atau kala diperlukan. RH
ABB Dukung Pengembangan Microgrid di Indonesia ABB Dukung Pengembangan Microgrid di Indonesia  Reviewed by OG Indonesia on Rabu, April 22, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.