MedcoEnergi Memiliki Posisi Kuat untuk Memanfaatkan Permintaan Energi

Hilmi Panigoro, Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk dalam acara Capital Markets Day di The Energy Building, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Jakarta, OG Indonesia -
- PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) hari ini, Rabu (11/9/2024) menjabarkan rencana strategisnya untuk pertumbuhan di masa depan dalam acara Capital Markets Day di The Energy Building, Jakarta. Perusahaan menegaskan kembali komitmennya untuk memberikan solusi energi yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan serta memposisikan diri untuk memanfaatkan permintaan energi yang terus meningkat di Asia Tenggara. 

Strategi MedcoEnergi mencakup perluasan operasi minyak dan gas, investasi di bidang energi bersih dan terbarukan, serta pertambangan tembaga. Perusahaan juga menggarisbawahi dedikasinya terhadap dekarbonisasi dan mempertahankan profil ESG yang kuat.

Presiden Direktur Hilmi Panigoro mengatakan, “Kami ingin menjadi perusahaan energi terkemuka di Asia Tenggara dengan tiga lini bisnis utama kami. Fokus kami pada ESG dan pengembangan masyarakat menunjukkan komitmen kami untuk memberikan dampak yang positif”.

Di sektor minyak dan gas, MedcoEnergi terus meningkatkan produksi dan cadangannya dengan mengakuisisi aset-aset baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Ke depan, Hilmi mengatakan bahwa permintaan energi Indonesia diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2050, didorong oleh peningkatan penggunaan energi terbarukan. Meskipun bahan bakar fosil akan tetap penting, gas akan memainkan peran kunci sebagai bahan bakar transisi. 

“Energi terbarukan akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bauran energi masa depan Indonesia, dengan gas yang berfungsi sebagai jembatan hingga teknologi rendah karbon sepenuhnya matang,” tambah Hilmi. 

Inisiatif energi terbarukan MedcoEnergi baru-baru ini mendapat pengakuan dari Otoritas Pasar Energi Singapura (Energy Market Authority/EMA) yang memberikan lisensi bersyarat untuk proyek pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 600 MWac di Pulau Bulan.

Kinerja Keuangan

Hilmi Panigoro menekankan kinerja keuangan perusahaan yang luar biasa, dengan menyatakan, “Total Imbal Hasil Pemegang Saham kami sejak tahun 2022 telah mengungguli tidak hanya rekan-rekan industri kami tetapi juga kelompok saham energi yang lebih luas yang terdaftar di BEI. Kami melampaui para pesaing kami dalam hal Imbal Hasil Ekuitas untuk tahun 2022 dan 2023, sebuah cerminan yang jelas dari disiplin keuangan yang kuat dan profitabilitas yang membaik.”

Tercatat, dividen interim perusahaan tahun 2024 sebesar Rp 15,75 per saham, yang merupakan peningkatan 5% dibandingkan dengan dividen interim tahun lalu. Hal ini memperkuat keyakinan MedcoEnergi terhadap masa depan bisnis dan komitmen berkelanjutan untuk memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Komitmen MedcoEnergi terhadap keberlanjutan juga tercermin dari peringkat ESG yang semakin membaik. Skor risiko ESG perusahaan, sebagaimana dievaluasi oleh Sustainalytics, membaik dari 36,7 (risiko tinggi) pada tahun 2022 menjadi 29,6 (risiko sedang) pada tahun 2023. Selain itu, MedcoEnergi mempertahankan peringkat MSCI ESG di A, yang menunjukkan dedikasinya terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Acara Capital Markets Day dihadiri oleh para eksekutif utama, termasuk Direktur Utama Hilmi Panigoro, Chief Executive Officer (CEO) Roberto Lorato, Chief Operating Officer (COO) Ronald Gunawan, Chief Financial Officer (CFO) Anthony R. Mathias, Chief Administrative Officer (CAO) Amri Siahaan, dan Direktur Utama Medco Power Eka Satria. RH

MedcoEnergi Memiliki Posisi Kuat untuk Memanfaatkan Permintaan Energi MedcoEnergi Memiliki Posisi Kuat untuk Memanfaatkan Permintaan Energi Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, September 11, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.