Bertransformasi, PT Marine Solutions Gelar Marine Solutions Summit 2024


Jakarta, OG Indonesia -- PT Pertamina Marine Solutions (PMSol) selaku anak usaha PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sekaligus bagian Subholding Integrated Marine Logistic (SHIML) Pertamina Group menggelar event Marine Solutions Summit 2024 dengan tema Energizing Marine Solutions, Maritime Leaders Forum to Drive Excellence di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Kamis (12/9/2024). 

Kegiatan ini merupakan turning point transformasi yang dilakukan PMSol untuk menjadi perusahaan yang lebih baik dan lebih maju. PMSol meyakini akan terus bertumbuh secara non linear dan melakukan improvement kinerja yang ada saat ini menjadi operational excellence. 

Kegiatan ini dihadiri oleh para ahli di bidang industri maritim, di antaranya Direktur Armada PT Pertamina International Shipping (PIS) M. Irfan Zainul Fikri, Komisaris Utama PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) Subagyo Hari Moeljanto, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan RI Hartanto, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI dan Founder Rumah Perubahan, Rhenald Kasali, mitra strategis PMSol, serta para expert bisnis maritim baik nasional maupun internasional.

Direktur Armada PIS, M. Irfan Zainul Fikri menyampaikan bahwa selama tahun 2024 PMSol telah melakukan terobosan yang saat ini menjadi fokus dan telah terbawa dengan ritme komersialisasinya PIS. Irfan pun berpesan agar PMSol dalam pengelolaan kru dapat melampaui target yang ditetapkan. Dia juga mengharapkan PMSol dapat menjadi kiblat pengelolaan seafarer di Indonesia. 

Selanjutnya, Komisaris Utama PTK, Subagyo Hari Moeljanto menyampaikan bahwa PTK siap mengawal PMSol dalam menciptakan pertumbuhan dan go global yang direncanakan PMSol. Subagyo mengungkapkan bahwa PTK berharap PMSol ke depannya dapat menjadi manning agent terkemuka dalam skala internasional. 

Direktur PMSol, Dian Prama Irfani menyampaikan bahwa PMSol saat ini diamanahi untuk menyediakan kru, marine solutions, dan jasa inspeksi. Lini bisnis PMSol sedang dikembangkan dan berharap PMSol dapat menjadi perusahaan penyedia solusi maritim terbesar dalam lingkup nasional maupun internasional. PMSol saat ini juga telah melakukan serangkaian transformasi bisnis untuk mencapai operational excellence melalui praktik yang berkelanjutan dan integrasi teknologi.

“PMSol menerapkan model baru dalam transformasi bisnis, dari yang sebelumnya manpower provider menjadi integrated marine solutions provider. Yang sebelumnnya hanya merekrut dan menempatkan, saat ini tengah fokus memberikan memberikan upskill dan develop sebelum ditempatkan. PMSol juga menerapkan digital transformasi, fokus ekspansi bisnis dalam skala global, dan membuka peluang kerja sama dengan strategic partnership," tuturnya.

Selain peran, kontribusi dan sumbangsih PMSol bagi industri maritim Indonesia, event Marine Solutions Summit 2024 yang baru pertama kali diselenggarakan, ternyata mendapat tanggapan positif dan antusias besar dari peserta. Dihadiri tidak hanya dari Pertamina Group, pihak regulator, Akademisi dan Praktisi ekonomi, melainkan juga hadir eksklusif para expert maritim baik Indonesia dan luar negeri yang berpengaruh langsung di bisnis maritim internasional. 

Pihak PMSol optimistis  Marine Solutions Summit 2024 akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya sebagai salah satu wadah profesional pelaku bisnis maritim, menjadi ajang forum terdepan di dunia internasional dalam mensiasati dan menghadapi isu-isu dan tantangan global. RH

Bertransformasi, PT Marine Solutions Gelar Marine Solutions Summit 2024 Bertransformasi, PT Marine Solutions Gelar Marine Solutions Summit 2024 Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, September 13, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.