Potensinya Besar, Indonesia Perlu Lebih Memanfaatkan Energi Bersih dan Nature Base Solutions


Jakarta, OG Indonesia –
Dalam era transisi energi antara pemanfaatan energi berbasis fosil dan energi hijau, Indonesia sangat terbuka untuk memanfaatkan beberapa jenis energi yang cenderung lebih bersih yaitu energi gas dan nuklir. Sementara untuk energi terbarukan yang lebih hijau, Indonesia lebih tepat untuk memulainya lewat pemanfaatan energi panas bumi dan sinar matahari.

“Apa sih energi yang paling potensial di Indonesia untuk kita bisa bertransisi? Ada LNG atau natural gas dan juga nuklir, untuk renewable ada geothermal dan solar (energi surya),” jelas Moshe Rizal Husein, Ketua Dewan Pembina Lembaga Inovasi Energi Teknologi Nusantara (LIENTERA) dalam Pelatihan Media 2024 dengan tema “Bisnis Karbon dan CCUS: Potensi, Bisnis Proses dan Outlook” yang diadakan LIENTERA, PT Radian Teknologi Global (RTG)  dan PAMERINDO selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (22-23/6/2024) lalu secara daring.

Moshe menguraikan, empat jenis energi tersebut layak untuk dimanfaatkan karena Indonesia memiliki sumber daya yang cukup besar. “Seperti geothermal saja Indonesia sudah terbesar kedua di dunia dari sisi pemasangan geothermal dengan potensi geothermal nomor satu di dunia,” jelas Moshe.

Tak hanya dikarunia Tuhan dengan energi bersih yang cukup berlimpah, Moshe mengingatkan bahwa Indonesia juga memiliki potensi besar dari sisi sustainable investment di mana Indonesia memiliki nature based solutions (NBS) atau solusi berbasis alam sekitar 1,5 GT setara CO2 per tahun, menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari dua raksasa dunia dalam hal potensi NBS di samping Brasil.

“Di dunia ini hanya dua negara di dunia yang mempunyai nature based solutions terbesar di dunia, Indonesia dan Brasil. Ini karena kehebatan hutan kita ya,” ucap Moshe.

Diketahui luas hutan Indonesia mencapai 65 persen atau sekitar 120,5 juta hektare. Belum lagi garis pantai yang mengitari kepulauan di Indonesia dengan hutan bakaunya juga sangat panjang. Demikian pula Brasil dengan Hutan Amazonnya yang sedemikian luas.

Karena itu Indonesia dan Brasil memiliki potensi yang sangat besar dalam hal penyerapan karbon yang tengah digencarkan di dunia saat ini. “Ini yang mungkin kita manfaatkan sebesar-besarnya, karena Indonesia dan Brasil adalah dua paru-paru dunia, satu paru-paru kanan dan satu paru-paru kiri,” tegas Moshe. RH 

Potensinya Besar, Indonesia Perlu Lebih Memanfaatkan Energi Bersih dan Nature Base Solutions Potensinya Besar, Indonesia Perlu Lebih Memanfaatkan Energi Bersih dan Nature Base Solutions Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Juli 05, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.