Tim Roadshow Mandatori B20 Akhirnya Tiba di Merak

Para sopir kendaraan Roadshow
Mandatori B20 berfoto bersama setelah
tiba di Pelabuhan Merak, Jumat (05/02).
Foto-foto: Ridwan Harahap
Cilegon, OG Indonesia – Setelah menempuh perjalanan selama sepuluh hari, tim Roadshow Mandatori B20 (Biodiesel 20 Persen) yang berangkat dari Jakarta pada Rabu, 27 Januari 2016 yang lalu akhirnya tiba di tujuan akhir di Pelabuhan Merak, Banten, pada Jumat, 5 Februari 2016.

Perjalanan tim sosialisasi mandatori biodiesel 20% ini telah melintasi  banyak kota dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa seperti Jakarta, Tegal, Pemalang, Semarang, Surabaya, Jember, Malang, Solo, Yogyakarta, Dieng-Wonosobo, Bandung, Serang, hingga Merak-Cilegon.

Sekitar 14 kendaraan turut serta menguji mesinnya mengelilingi Jawa dengan memakai bahan bakar bio solar, produk Pertamina yang telah menggunakan campuran biodiesel sebesar 20% dan solar sebesar 80%. Beberapa kendaraan yang turut serta seperti mobil pick up Tata 700 cc dan 1400 cc, dua mobil Pajero 3.000 cc, truk MAN dengan 6.900 cc sampai truk FAW dengan 11.000 cc terbukti tidak mengalami kendala sepanjang perjalanan, bahkan di kondisi cuaca dingin seperti di Dieng, Wonosobo.

Setelah 10 hari perjalanan,
tim Roadshow Mandatori B20 tiba
di ujung barat Pulau Jawa
yaitu Pelabuhan Merak.
Tujuan utama perjalanan mengelilingi Pulau Jawa ini adalah untuk menyosialisasikan tentang bahan bakar biodiesel yang sebenarnya telah dipakai dalam campuran bio solar yang dijual di SPBU-SPBU Pertamina. Dari pengamatan OG Indonesia yang ikut serta dalam roadshow memang terbukti masih banyak masyarakat dari para sopir bus dan truk sampai wartawan yang tidak mengetahui bahwa biodiesel sebenarnya telah dicampur dengan solar dan digunakan oleh kendaraan diesel mereka sehari-hari.

Dengan sosialisasi yang dilakukan oleh tim roadshow diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang paham tentang biodiesel sebagai bahan bakar dari energi terbarukan yang ramah lingkungan. Sehingga target campuran biodiesel sebesar 30 persen (B30) dalam bahan bakar bio solar di tahun 2025 dapat tercapai.


Setelah dari Merak, tim roadshow kembali ke Jakarta untuk beristirahat sekitar 3 hari, sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke Bali untuk menuntaskan target 4.000 kilometer perjalanan dengan bahan bakar B20 sekaligus menghadiri acara Bali Clean Energy Forum yang dihelat di Nusa Dua, Bali pada 11-12 Februari 2016. RH 
Tim Roadshow Mandatori B20 Akhirnya Tiba di Merak Tim Roadshow Mandatori B20 Akhirnya Tiba di Merak Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Februari 06, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.