Pengembangan Kilang Mini Mulai Dilirik

Mini Refinery
Jakarta, OG Indonesia-- Hingga sa‎at ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menyiapkan Peraturan Menteri (Permen) sebagai payung hukum pembangunan kilang mini di beberapa daerah yang memiliki sumur minyak. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Direktur Pembinaan Hilir Ditjen Migas Kementerian ESDM, Setyo Rini Tri Hutami.

Menurutnya, saat ini pemerintah juga masih memetakan lokasi yang memiliki potensi untuk dibangun kilang mini. “Diharapkan tahun ini, proyek tersebut dapat ditawarkan kepada swasta maupun BUMN,” tuturnya.

“Targetnya, kilang-kilang mini tersebut bisa dibangun di dekat sumur minyak,” ujarnya.

D‎alam perkiraan awal, tambahnya, terdapat delapan lokasi yang memiliki potensi untuk dibangun kilang mini.
“Apabila sudah terdeteksi kandungan minyaknya dan payung hukumnya sudah kuat maka Kementerian ESDM akan melelang proyek tersebut kepada swasta,” imbuhnya.

Sebagai informasi, rencana pemerintah dalam membangun kilang mini diharapkan berkapasitas 6.000 hingga 20.000 barel per hari. Saat ini lokasi yang berpotensi untuk kilang mini seperti Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Jambi dan Jawa Timur.
Pengembangan Kilang Mini Mulai Dilirik Pengembangan Kilang Mini Mulai Dilirik Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Februari 10, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.