Menteri ESDM Lepas Pulang Tim Roadshow B20 Lintas Jawa-Bali

Menteri ESDM lepas kembali
Tim Roadshow B20 Lintas Jawa-Bali
kembali ke Jakarta.
Badung, OG Indonesia -- Menteri ESDM Sudirman Said melepas pulang Tim Sosialisasi Pemanfaatan Biodiesel 20% (B20) Roadshow Lintas Jawa-Bali 2016 pada Jumat (12/02) di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali.

Pelepasan roadshow ini melengkapi roadshow sebelumnya yakni Roadshow B20 Keliling Sumatera pada tahun 2015 lalu dan Roadshow B20 Keliling Jawa yang berakhir pada 5 Februari 2016 lalu. Tim Sosialisasi Pemanfaatan Biodiesel 20% (B20) Roadshow Lintas Jawa-Bali telah berangkat dari Jakarta ke Bali dan pada hari ini dilepas oleh Menteri ESDM untuk kembali ke Jakarta sekaligus mengakhiri rangkaian sosialisasi pemanfaatan B20 ini.

Dikatakan oleh Menteri ESDM, Indonesia merupakan negara pertama yang mengimplementasikan program B20 (biodiesel sebesar 20% dalam campuran solar) di dunia. “Sebagai yang pertama, tentunya akan banyak tantangan yang akan hadir dari sisi teknis dan non teknis. Dengan keyakinan dan semangat untuk terus mengembangkan produksi dalam negeri, hal ini akan dapat diselesaikan dan Indonesia akan menjadi pionir biodiesel di dunia,” terang Sudirman. 

Roadshow ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi, pemahaman kepada semua pihak khususnya kepada konsumen agar tidak ragu-ragu lagi menggunakan B20. 
"Penggunaan B20 tidak memberikan dampak yang signifikan, artinya kita tidak perlu sampai memodifikasi mesin secara besar-besaran dalam pemanfaatannya," ujar Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Rida Mulyana.

Pemanfaatan B20 justru memberikan manfaat yang banyak antara lain, meningkatkan diversifikasi energi untuk ketahanan energi nasional dan mengurangi impor BBM hingga 6,9 juta KL yang setara dengan penghematan devisa US$ 2 miliar dan berkontribusi mengurangi emisi CO2 ekuivalen sebesar 9-18 juta ton CO2 ekuivalen per tahun.

Rida menambahkan, kendala utama program B20 ini yang mengemuka adalah "keengganan" dari konsumen yang mengkhawatirkan terjadinya kerusakan paska menggunakan bahan bakar dengan komposisi B20 pada kendaraannya, maka untuk itulah roadshow ini dilakukan. "Sasaran dari kegiatan ini adalah ke SPBU, universitas, pesantren dan semua perkumpulan yang kita jadikan obyek untuk sosialisasi," jelas Rida.

Roadshow kali ini diikuti 14 kendaraan yang terdiri dari berbagai jenis kendaraan dan merk di antaranya dari jenis mobil penumpang hingga truk besar. "Per tanggal 27 (Januari 2016) kemarin rombongan kendaraan ini telah mencapai perjalanan 4.000 kilometer dan dengan yang dilepas Menteri ESDM hari ini maka menjadi 5.500 kilometer," pungkas Rida. RH
Menteri ESDM Lepas Pulang Tim Roadshow B20 Lintas Jawa-Bali Menteri ESDM Lepas Pulang Tim Roadshow B20 Lintas Jawa-Bali Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Februari 12, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.