Banten Siap Dukung Program B20

Rombongan Roadshow B20 dilepas
dari kantor Pemprov Banten untuk
melanjutkan perjalanan ke Merak.
Foto: Rdwan Harahap
Serang, OG Indonesia -- Pemerintah Provinsi Banten siap mendukung pengembangan dan pemanfaatan biodiesel untuk bahan bakar kendaraan. Karena itu Pemprov Banten siap untuk memperkenalkan program biodiesel kepada warganya.

"Untuk biodiesel kan sudah menyatu (dalam bio solar) di masing-masing SPBU, dan di Banten itu sudah ada," kata Sentot Cahyadi, Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Banten kepada OG Indonesia di Serang, Banten, Jumat (05/02) dalam rangkaian acara Roadshow B20 keliling Jawa-Bali.

Sentot menyambut baik acara sosialisasi keliling Jawa-Bali untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat bahwa biodiesel dengan kadar 20% sebenarnya sudah diterapkan sejak 1 Januari 2016 dan dipakai masyarakat lewat produk bio solar di SPBU-SPBU milik Pertamina. "Tanpa disadari masyarakat sebenarnya sudah menggunakan biodiesel, hanya masyarakat belum terinformasikan," sambungnya.

Sentot mengatakan bahwa program pengembangan biodiesel penting untuk dijalankan untuk lebih memanfaatkan produksi CPO dari kelapa sawit di mana Indonesia merupakan produsen terbesarnya di dunia. "Ibaratnya kalau surplus (CPO), kenapa kita tidak tangkap peluang untuk memanfaatkannya sehingga ketergantungan kita terhadap bahan bakar fosil bisa sedikit demi sedikit dikurangi," terangnya.

Di Provinsi Banten ketersediaan bio solar di SPBU diterangkan Sentot cukup aman dengan pasokan yang lancar dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta dan TBBM Tanjung Gerem, Banten. "Dua titik itu kan untuk menyuplai Jawa dan Bali. Jadi untuk Banten pasti cukup lah apalagi Banten tidak terlalu jauh," tegasnya. RH
Banten Siap Dukung Program B20 Banten Siap Dukung Program B20 Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Februari 05, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.