April 2016, Pertamina Tingkatkan Kapasitas Biodiesel di TBBM Rewelu

SPBU Ambar Ketawang di Yogyakarta
tak kekurangan pasokan bio solar.
Foto: Ridwan Harahap
Yogyakarta, OG Indonesia -- Pertamina wilayah Yogyakarta dan sekitarnya memastikan ketersediaan bahan bakar bio solar di daerahnya terjamin seiring lancarnya pasokan FAME (Fatty Acid Methyl Esthers) atau biodiesel dari perusahaan pemasok biodiesel.

"Dari Pertamina untuk wilayah Yogyakarta itu semuanya sudah menggunakan biodiesel," tegas Dody Prasetya, Marketing Branch Manager DIY & Surakarta Pertamina kepada OG Indonesia di SPBU Ambar Ketawang, Selasa (02/02), dalam rangkaian acara Roadshow Mandatori B20 keliling Jawa-Bali.

Dody menerangkan sejak awal Januari 2016 semua SPBU di Yogyakarta sudah menggunakan biodiesel 20% dalam campuran bio solarnya. Ketahanan pasokan biodiesel untuk wilayah Yogyakarta didukung oleh Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Rewelu di Bantul, Yogyakarta. 

"Saat ini tangki untuk FAME-nya sekitar 90 KL (kilo liter). April nanti kita tingkatkan 2 kali 250 atau totalnya 500 KL untuk FAME-nya," jelas Dody. "Mudah-mudahan di April nanti kita bisa build up stock sampai dengan 400 atau 500 (KL) supaya lebih aman lagi," sambungnya.

Di samping TBBM Rewelu, Dody juga menceritakan bahwa Pertamina juga telah menggunakan pemakaian TBBM Boyolali di Jawa Tengah untuk mendistribusikan bio solar untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. "Di sana memiliki tangki yang lebih gede kapasitasnya yaitu 600 KL untuk menampung FAME," tuturnya. "Jadi TBBM Rewelu dan TBBM Boyolali itu sudah 100% mendistribusikan solar biodiesel," tambahnya.

Kebutuhan FAME sendiri dari TBBM Rewelu sebesar 160 KL per hari yang dipasok dari produsen biodiesel yaitu PT Wilmar di Gresik, Jawa Timur. "Sampai saat ini belum ada kendala satu pun karena dari supplier FAME sangat commit di mana dia menyediakan mobil tangki empat buah dengan kapasitas masing-masing 40 KL (per harinya). Itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan per harinya," paparnya seraya menambahkan bahwa mobil tangki yang disediakan produsen biodiesel secara keseluruhan ada 12 buah.

Pertamina wilayah Yogyakarta saat ini diterangkan Dody siap melayani konsumen bio solar di daerahnya yaitu untuk PT KAI, PLN, dan untuk kebutuhan transportasi. Kebutuhan bio solar untuk wilayah Yogyakarta saat ini berkisar 400-600 KL per hari. "Kebutuhannya berfluktuasi, biasanya yang tinggi di hari selasa karena biasanya orang masih malas isi di hari senin," pungkasnya. RH
April 2016, Pertamina Tingkatkan Kapasitas Biodiesel di TBBM Rewelu April 2016, Pertamina Tingkatkan Kapasitas Biodiesel di TBBM Rewelu Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Februari 02, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.